Wagub Cok Ace Apresiasi Terbentuknya Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Bali

KataBali.com – Denpasar – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengapresiasi terbentuknya Kelompok Sadar (Pokdar) Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Bhayangkara Daerah Bali yang pengurusnya resmi dilantik dan dikukuhkan pada Rabu (7/10/2020) di Gedung Perkasa Raga Garwita Polda Bali.

Lebih jauh ia menyebut, rasa aman merupakan kebutuhan seluruh elemen masyarakat. “Upaya menjaga rasa aman bukan semata tugas aparat keamanan yaitu TNI dan Polri. Kita semua punya kewajiban untuk memastikan situasi tetap kondusif,” ucapnya. Oleh karena itu, Penglingsir Puri Ubud ini menyambut positif dan sangat bangga dengan terbentuknya Pokdarkamtimbas Bhayangkara Daerah Bali. Ia berharap organisasi ini dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Dalam melaksanakan program kerja, ia berharap organisasi ini senantiasa bersinegi dengan jajaran kepolisian.

Karena pada prinsipnya Pokdarkamtibmas merupakan mitra kerja Polri dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. “Saya berharap organisasi ini mampu memberikan pengayoman bagi masyarakat dan dapat membantu tugas TNI/Polri untuk mewujudkan Bali yang aman dan damai,” imbuhnya. Mengakhiri arahannya, Guru Besar ISI Denpasar ini juga berpesan agar Pokdarkamtibmas turut berperan menyukseskan pemilihan kepala daerah di 6 Kabupaten/Kota.

Sementara itu, Kapolda Bali Irjen. Pol. Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose mengingatkan agar Pokdarkamtibmas Bhayangkara Bali jangan merancang program muluk-muluk. Menurutnya yang mendesak dilakukan saat ini adalah upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, khususnya dalam penggunaan masker. “Tak perlu program muluk-muluk, bantu rakyat pakai masker,” tandasnya.

Selain penegakan disiplin dalam penggunaan masker, ia juga berharap organisasi ini dapat membantu penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan lainnya yaitu jaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Dengan peran aktif dari komunitas ini, ia berharap penyebaran Covid-19 di klaster keluarga akan dapat dikendalikan. Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan terima kasih atas terbantuknya organisasi ini. “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih, karena upaya Polri tak akan membuahkan hasil maksimal tanpa dukungan dari bebagai elemen masyarakat. Semakin banyak komunitas, maka semakin banyak yang membantu kami,” tambahnya.

Menanggapi harapan Kapolda, Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Bali Yosep Yulius Diaz menyampaikan bahwa program jangka pendek yang diagendakan komunitas ini adalah kempanye penggunaan masker. Melalui organisasi ini, ia beserta jajaran pengurus ingin mengambil peran aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Menambahkan penjelasan Yosep, Ketua Umum Pokdarkamtibmas Bhayangkara Pusat Heru Riyadi menyampaikan bahwa organisasi ini merupakan mitra Polri dan menjadi ujung tombak dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dengan segala sumberdaya yang dimiliki, Pokdarkamtibmas akan berusaha menjadi pelopor dalam masyarakat.hb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *