Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan, Tim Gabungan GTPP Covid-19 Bali Pantau Kegiatan Pasar Ketapian

KataBali.com – Denpasar – Guna memastikan protokol kesehatan dilaksanakan secara tertib dan konsisten sebagai upaya pencegahan terjadinya transmisi lokal khususnya di pasar tradisional, Tim Gabungan Gugus Tugas Penanggulangan Virus Corona Provinsi Bali kembali turun memantau langsung pelaksanaan protokol kesehatan yang kali ini bertempat di Pasar Ketapian , Kelurahan Sumerta, Denpasar Timur, Sabtu (27/6).

Dalam arahannya, Kasat Pol PP Provinsi Bali Dewa Nyoman Rai Darmadi yang ditemui terpisah seusai pemantauan menyampaikan bahwa kegiatan pada pagi hari ini dilakukan dengan mengandeng semua stake holder terkait termasuk didalamnya para pecalang dan relawan sebagai upaya menekan penyebaran virus Covid 19.

“Dalam kegiatan ini dilakukan upaya sosialisasi, pembinaan serta edukasi kepada pada pedagang serta pengunjung pasar lainnya terkait protokol kesehatan dan memastikan pelaksanaannya di lapangan,” ujar Dewa Darmadi.

Dewa Darmadi juga mendorong agar secepatnya menempatkan posko terpadu di pintu keluar masuk pasar guna memastikan pelaksanan dari protokol kesehatan sehingga tidak terjadi transmisi lokal di lingkungan pasar.

“Kegiatan seperti ini harus terus rutin dilakukan dan terus mengingatkan masyarakat baik pedagang dan pengunjung pasar untuk mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran covid 19. Konsistensi dan prinsip gotong royong adalah upaya bersama menjaga wilayah kita aman dari Virus Corona,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Trantib Sat Pol PP Provinsi Bali I Komang Kusuma Edy yang didampingi Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali Nyoman Putra Astawa yang memimpin jalannya pemantauan di Pasar Ketapian menyampaikan bahwa kegiatan pagi hari ini merupakan kegiatan yang ke 17 kali dilakukan di pasar tradisional di Bali dan kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan.

Kusuma Edy menyampaikan bahwa dalam kegiatan kali ini dilakukan sosialisasi, edukasi, pengecekan serta pendisiplinan warga yang ada di Pasar Ketapian dan sekitarnya terkait protokol kesehatan pencegahan penularan Covid 19.

“Tim gabungan melakukan pengecekan suhu tubuh , memastikan penggunaan masker dan jika ada ditemukan warga tanpa masker ataupun maskernya rusak atau kotor maka akan diberikan masker secara gratis,” kata Kusuma Edy.

Tidak hanya itu, menurutnya, tim gabungan juga mengedukasi masyarakat terkait cara mencuci tangan yang baik dan benar serta mengajak masyarakat untuk rajin cuci tangan khususnya setiba di pasar dan pulang dari pasar.

Dengan kegiatan ini diharapkan rantai penyebaran virus corona dapat diputus dan para pedagang maupun pembeli dapat berinteraksi secara aman dan nyaman di lingkungan pasar.

Sementara itu Lurah Sumerta Wayan Eka Aprian yang turut hadir pada pagi hari ini menyampaikan bahwa hingga saat ini aktivitas Pasar Ketapian berlangsung seperti biasa . Pihaknya secara berkala dan berkelanjutan melakukan monitoring pasar serta melakukan sosialisasi protokol kesehatan pencegahan virus Corona.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi langkah yang diambil Tim Gugus Tugas Penanggulangan Virus Corona Prov Bali yang secara terus menerus melakukan pemantauan langsung kegiatan pasar dan hal ini juga merupakan bentuk sinergitas dan upaya terpadu semua pihak dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan pula bantuan berupa hand sanitizer, cairan disinfektan serta masker yang diterima langsung oleh Lurah Sumerta.hb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *