Sekdaprov Bali Serahkan Bantuan Sosial Berupa Sembako kepada Panti Asuhan Destawan

KataBali.com – Singaraja – Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Pelaksana Percepatan Penanggulangan Covid-19 Bali menyerahkan bantuan sosial berupa sembako kepada Panti Asuhan Destawan, Desa Sawan, Singaraja.

Pada kesempatan tersebut diserahkan 800 kg beras, 60 kg gula, 60 liter minyak dan 20 kotak susu kepada Panti Asuhan yang menampung anak-anak yatim piatu hingga kurang mampu tersebut.

Turut hadir pada acara tersebut Kadis Sosial Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra dan Kadis Kesehatan dr. I Ketut Suarjaya serta jajaran Dinas Sosial Kabupaten Buleleng. Sekda Dewa Indra mengatakan merebaknya Covid-19 ini, disamping persoalan penanganan penyakitnya yang paling dirasakan masyarakat saat ini adalah dampak ekonomi. Banyak dari warga yang juga kehilangan sumber pendapatan.

Terlebih Panti-panti asuhan seperti ini, lalu panti disabilitas dan lembaga sosial lain, tentu sangat terdampak. “Karena panti-panti ini berjalan dengan mendapatkan donasi dan uluran tangan para donatur. Jika para donatur, terutama pemilik usaha terdampak secara ekonomi, tentu berdampak pula pada berkurangnya bantuan donasi kepada panti-panti ini,” jelas Dewa Indra.

Untuk itu Pemprov Bali disamping fokus pada penanganan covid juga harus memperhatikan kelompok-kelompok yang secara ekonomi membutuhkan perhatian. “Kami tugaskan Dinas Sosial Provinsi berkoordinasi dengan dinas sosial Kabupaten/Kota untuk memberikan bantuan. Kami, mewakili pemerintah Provinsi Bali hadir untuk memberi bantuan secara langsung, seperti sembako ini. Mudah-mudahan bisa membantu meringankan beban sehari-hari, membantu memenuhi kebutuhan anak-anak disini tengah guncangan ekonomi akibat covid-19,” terangnya.

Untuk masyarakat Bali yang terdampak secara luas, tentu ada skema yang disiapkan yakni ada Program Keluarga Harapan (PKH), yang sudah didata semua. Lalu ada Bantuan Pangan non Tunai (BPNT), lalu ada bantuan untuk para pekerja yang kehilangan pekerjaan. Semua sudah ada skema termasuk juga skema dari pemerintah pusat.

Ketua Yayasan Panti Asuhan Destawan Ketut Sutrisna mengucapkan terimakasih kepada Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten Buleleng. Karena saat ini, di tengah merebaknya Covid-19 sangat jarang ada bantuan yang datang.
Ia bersyukur pihak Pemprov memiliki kepedulian. Semoga ke depan, akan tetap ada perhatian dari pemerintah kepada panti seperti ini.

Saat ini panti menampung 35 orang anak dari 6 kecamatan di Buleleng, dimana semuanya disekolahkan dan sudah ada 5 orang anak yang lulus dan menjadi sarjana. Selain pendidikan dan kesenian, anak-anak juga diajarkan beternak, memelihara sapi dan babi untuk membantu kebutuhan sehari-hari. hb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *