Wabup Sanjaya Melakukan Persembahyangan di Pura Bale banjar Pengayehan

KataBali.com – Tabanan – Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menghadiri persembahyangan di Pura balai Banjar Pengayehan, Desa Gubug, Kecamatan Tabanan, Jumat (13/9).  Wabup Sanjaya hadir bersama Camat Tabanan I Putu Arya Suta dan tokoh masyarakat setempat

Ketua Panitia I Gusti Putu Ambara yang juga selaku kelain adat Banjar Pengayehan mengatakan, persembahyangan ini bertepatan dengan piodalan di Pura Balai Banjar Pengayehan, dimana puncak acaranya jatuh pada tanggal 14 September 2019. “Puncak acara pada Hari Sabtu yang bertepatan  dengan Hari Purnama sasih ketiga,” dan pemedek yang sembahyang di Pura Balai Banjar Pengayehan adalah krame banjar pengayehan yang berjumlah 86 kepala keluarga. ucapnya. 

Ditambahkannya dana yang dihabiskan selama pujawali ini kurang lebih sebanyak Rp 50juta. “Dana didapat dari urunan krama dan Punia dari pamadek yang bersembahyang dan pemerintah,” imbuhnya.

Selanjutnya Wabup Sanjaya menghadiri  karya memungkah numbung pedagingan lan ngenteg linggih di  Griya Gamongan Sari Banjar Taman  Desa Gubug.

Wabup Sanjaya mengatakan dirinya merasa sangat bahagia dapat nyaksi karya dewa yadnya ini, dan berpesan untuk selalu menjaga kekompakan.   

“Dumogi napi sane aptiang tiang karya memungkah numbung pedagingan lan ngenteg lnggih memargi antar labda karya sidaning don. Pekedek pekenyung sigilik Seguluk selulung sebayan taka, tetep jaga kekompakan, dengan begitu membuktikan bahwa kita tetap bersatu,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia karya Wayan Tresna Susila mengatakan karya yang puncaknya jatuh pada purnama ketiga tanggal 14 Sepetember 2019, diperkirakan menghabiskan dana sebesar 100 juta rupiah dimana dana ini diperoleh dari urunan warga griya dan dana punia. Upacara ini dipuput oleh Ida Anak Lingsir Griya Klaci dan Ida Anak Lingsir Dukuh Sakti Gamongan Sari. ”Dengan terselenggaranya karya memungkah numbung pedagingan dan ngenteg linggih, kami berharap dapat semakin mendekatkan diri kepada Ida Sanghayng Widhi Wasa,”jelasnya. 

Diakhir acara Wabup Sanjaya melakukan sembahyang bersama dan menyerahkan punia sebagai wujud srada bhakti kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa.hmt

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *