IMMAPA Bali Gelar Aksi Solidaritas Lawan Pelaku Rasisme

KataBali.com – Puluhan mahasiswa asal Provinsi Papua yang tergabung dalam Ikatan Masyarakat, Mahasiswa, dan Pelajar Papua (IMMAPA), hari ini (22/8) menggelar aksi solidaritas di Renon, Denpasar. Dalam aksi yang berlangsung damai ini, IMMAPA hendak mengajak seluruh warga masyarakat di Bali untuk bersama menolak paham rasisme, karena hal itu merupakan potensi terhadap pelanggaran HAM.

“Untuk aksi kali ini menolak represifitas dan menuntut hak penentuan nasib sendiri yang dilaksanakan Ikatan Masyarakat, Mahasiswa, dan Pelajar Papua (IMMAPA) di Bali yang berjalan dengan lancar. Kawan – kawan kumpul di titik aksi yakni di parkir timur lapangan Renon, lurus, jalan ke arah Plaza Renon, kembali lagi ke parkir timur lapangan Renon. Sampaikan orasi dan aspirasi politik,” ujar Jeeno, juru bicara aksi kepada tim redaksi katabali.com, hari ini (22/8).

Ia turut menambahkan, pihaknya selalu siap siaga untuk melaksanakan segala instruksi yang diberikan Gubernur Provinsi Papua, termasuk jika diminta pulang ke daerah masing – masing di Papua. Ia pun turut menyayangkan sikap oknum pelaku rasisme terhadap rekan sesama mahasiswa asal Papua.

“Iya, sesuai dengan kesepakatan. Makanya, kalau untuk kawan – kawan di Bali, dengan pertimbangan dan situasi yang beredar, kalau memang (disuruh) pulang, kami siap pulang. Mereka (pendatang di Provinsi Papua) beranak cucu, mencuri kekayaan alam, bekerja, dan lain – lain, eh mengatakan kami monyet. Monyet tidak bisa hidup berdampingan dengan manusia, biarkan monyet pulang dan bebas di istananya sendiri,” tambahnya.

Terkait aksi ini, pihak Pemerintah Provinsi Bali belum mengeluarkan statement apapun. Hal itu dikarenakan Presiden Joko Widodo, Gubernur Jawa Timur, hingga Walikota Malang sendiri yang telah meminta maaf kepada seluruh masyarakat Papua.

Sementara itu, Kapolsubsektor Tanah Lot, Tabanan, mengadakan agenda silaturrahmi dengan beberapa warga masyarakat asal Provinsi Papua di pantai Tanah Lot, Tabanan. Dalam kegiatan tersebut, Kapolsubsektor Tanah Lot, Iptu I Nyoman Subagia mengajak seluruh jajarannya dan masyarakat sekitar, baik penduduk lokal maupun pendatang, untuk aktif bersama – sama menjaga kerukunan antar warga. (da)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *