Buka Gebyar TIK 2019, Wagub Cok Ace Minta Manfaatkan Secara Sehat, Kreatif dan Produktif

KataBali.com – Pada era globalisasi saat ini perkembangan TIK melaju begitu cepat bahkan telah merambah ke semua sektor kehidupan masyarakat, hal tersebut membuat dunia seolah tanpa batas, informasi dari beberapa belahan dunia seakan berada dalam genggaman. Kecermatan dan kearifan dalam pemanfaatan TIK memegang peranan penting agar penggunaannya beretika, menanggulangi dampak negatif dan mengarahkan pada pemanfaatannya yang sehat, kreatif dan produktif.

Harapan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dalam sambutannya pada acara Gebyar TIK serangkaian Lomba Multi Kuis Ki Hajar dan Seminar TIK serta lomba video Penyuluh Bahasa Bali, di Aula Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Renon, Kamis (22/8).

Lebih jauh dalam sambutannya, Wagub Cok Ace menyampaikan bahwa sektor pendidikan merupakan salah satu kunci penting di era globalisasi saat ini dan seorang guru terus dituntut memiliki kemampuan untuk dapat mengikuti perkembangan TIK serta menggunakan teknologi tersebut. Disamping itu prinsip pembelajaran juga wajib memanfaatkan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. “Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan nyata Pemprov Bali terhadap peningkatan SDM Krama Bali, untuk itu jadikan kegiatan ini sebagai wadah bagi para pendidik untuk meningkatkan wawasan, mutu, kompetensi melalui pemanfaatan  TIK secara sehat, kreatif dan produktif, “ imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa dalam laporannya menyampaikan bahwa Gebyar TIK ini digelar serangkaian Lomba Multi Video Penyuluh Bahasa Bali dan bertujuan untuk mendorong percepatan pendayagunaan TIK untuk pendidikan, mengupayakan keberlangsungan pendayagunaan dan pengembangan TIK untuk pendidikan serta mengembangkan sarana kolaborasi bagi insan pendidikan untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan revolusi industri 4.0 melalui pemanfaatan TIK. Gebyar TIK yang dilaksanakan dari tanggal 21-23 Agustus 2019 ini diisi dengan Lomba Multi Kuis Ki Hajar Tingkat Provinsi jenjang SD,SMP,SMA, SMK, Seminar TIK dengan menggandeng Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional dan PUSTEKKOM Kemendikbud serta pameran TIK.

Seusai membuka Gebyar TIK yang ditandai dengan pemukulan gong, Wagub Cok Ace didampingi Kepala Dinas Pendidikan berkesempatan meninjau pameran TIK serta berdialog dengan sejumlah peserta pameran yang berasal dari Kabupaten/kota se Bali. hb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *