Pasca Pemilu dan Hari Raya Idul Fitri, Kondisi Tabanan Aman dan Kondusif

KataBali.com – Tabanan – Situasi dan kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Tabanan terpantau aman dan kondusif pasca perhelatan akbar Pemilu serta Hari Raya Idul Fitri 1440 H, mengingat Tabanan merupakan jalur utama bagi para pemudik terutama untuk jurusan Pulau Jawa. Meskipun demikian masih ada beberapa hal yang menjadi atensi dan perhatian agar kondusifitas tersebut tetap terjaga.

Hal tersebut terungkap saat Tim Pemantauan dan Pengendalian Pengamanan Daerah Kabupaten Tabanan yang tergabung dalam Jajaran Muspida Kabupaten Tabanan menggelar rapat koordinasi yang dilaksanakan secara serius tapi santai di Warung Lemo Wanasari Tabanan, Selasa ( 11/6 ). Rapat dipimpin langsung oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti didampingi Sekkab Tabanan Gede Susila, Jajaran Muspida Kabupaten Tabanan serta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tabanan Gusti Ngurah agung Suryana.

Bupati Eka dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa terima kasih serta apresiasinya terhadap dukungan semua pihak terutama jajaran Muspida yang terdiri dari Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, Ketua Kejaksaan Negeri, Ketua PN, Kapolres Tabanan, Dandim 1619 yang telah bersatu padu, bahu membahu menjaga keamanan serta kondusifitas di Kabupaten Tabanan. Hal ini menjadi motivasi bagi Pemkab Tabanan agar mampu menjadi pelayan serta pengabdi yang baik bagi masyarakat. “ Loyalitas serta komitmen yang ditunjukkan oleh jajaran Muspida Kabupaten Tabanan menjadi cambuk bagi kita untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat. Karena menjaga keamanan serta kondusifitas Tabanan bukanlah perkara mudah, membutuhkan sinergitas serta kerjasama yang baik dari semua pihak,” paparnya.

Pihaknya berharap, agar hal ini bisa berlanjut terus ke depannya, terlepas dari siapa nantinya yang menduduki jabatan di Jajaran Muspida Kabupaten Tabanan. “ Namanya tugas dan amanah ya harus kita lakukan dengan ikhlas, terlepas dari siapapun natinya yang menduduki jabatan di jajaran Muspida, kebersamaan dan kekompakan yang kita ciptakan saat ini mudah-mudahan akan terus berlanjut ke depannya,” imbuhnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Tabanan Ketut Suryadi mengatakan, partisipasi masyarakat serta kesadaran masyarakat untuk melaksanakan proses demokrasi di Kabupaten Tabanan sudah sangat tinggi. Karenanya, proses Pemilu juga berjalan lancar. “ Kesadaran masyarakat untuk melaksanakan proses demokrasi sudah sangat tinggi, hal ini terbukti dengan lancarnya proses Pemilu di Kabupaten Tabanan dan patut kita berikan apresiasi,” ujarnya

Ditambahkan, masyarakat di Kabupaten Tabanan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya serta kearifan lokal sehingga meskipun masyarakat Tabanan bersifat majemuk, kerukunan antar umat beragama tetap terjaga dengan baik. “ Dengan kemajemukan yang kita miliki, menjadi kewajiban bagi kita bersama untuk senantiasa menjaga kerukunan, hal ini juga perlu kita tanamkan kepada generasi muda, karena generasi mudalah nantinya yang menjadi generasi penerus kita,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Tabanan I Made Sinar Subawa. Menurutnya, pelaksanaan arus mudik bagi umat muslim yang melintasi wilayah Kabupaten Tabanan berjalan dengan baik, tertib dan lancar, namun masih perlu antisipasi arus balik yang diperkirakan akan meningkat pada minggu ketiga. “ Menurut pemantauan kami di lapangan, pelaksanaan arus mudik berjalan sangat lancar, namun kita harus tetap antisipasi pelaksanaan arus balik yang akan melonjak di minggu ketiga,” ujarnya.

Sementara Dandim 1619 Tabanan Hasan Abdullah dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih terhadap perhatian yang diberikan Pemkab Tabanan karena telah memberikan fasilitas mudik gratis bagi warga muslim yang pulang ke kampung halamannya. “ Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Tabanan atas perhatian yang diberikan kepada warga muslim dengan program mudik gratis. Mudah-mudahan program ini menjadi program rutin dan kalau memungkinkan nantinya ada penambahan untuk armada karena peminat mudik gratis begitu luar biasa,” ujarnya.

Di akhir acara Bupati Eka menyampaikan terima kasih atas saran dan masukan serta kritik yang bersifat membangun yang diberikan oleh seluruh Jajaran Muspida. “ Masukan serta kritik yang bersifat membangun menjadi motivasi bagi kami untuk terus berbenah lagi ke depan demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Tabanan,” tandasnya. (*)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *