Sosialisasi Empat Pilar, Rai Wirajaya: Pemilu Jangan Sampai Memecah Kerukunan Anak Bangsa

KataBali.com – Denpasar – Generasi milienial diharapkan menjadi generasi yang memiliki peranan penting dalam kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara di masa yang akan datang. Sayangnya, saat ini banyak generasi milenial yang mulai lupa dengan sejarah bangsa.
“Budaya asing telah banyak mempengaruhi generasi muda kita, ini terlihat saat ditanya siapa nama pahlawan nasional asal Maluku mereka bingung, setelah dikasih tau namanya Pattimura, masih mengaku tidak kenal, untungnya mereka tau nama pahlawan nasional asal Bali I Gusti Ngurah Rai,” ungkap Anggota DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya saat sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, Sabtu (2/2/2019) di Denpasar.
Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, sebagai anggota dewan, dalam satu tahun ia wajib untuk melakukan sosialisasi Undang-undang Dasar 1945, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Sosialisasi kali ini diikuti sekitar 100 orang mahasiswa dan berbagai organisasi kepemudaan.
Rai Wirajaya menerangkan, di era globalisasi membuat setiap orang dengan mudah berhubungan satu sama lain. Secara bersamaan, budaya asing juga turut masuk. Lambat laun, hal itu juga berpengaruh terhadap pola pikir generasi muda.
“Jangan sampai budaya asing turut melunturkan pemahaman kita tentang ideologi pancasila. Ini harus kita jaga karena para founding fathers telah mengorbankan nyawa dalam perjuangan demi kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan bangsa asing,” tegasnya.
Rai Wirajaya melanjutkan, menghadapi tahun politik masyarakat diharapkan tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Pilkada DKI Jakarta yang disebutnya telah memecah belah kerukunan sesama anak bangsa hendaknya dijadikan sebuah pelajaran. Ia lalu mengutip pesan Presiden Joko Widodo yang selalu mengingatkan bahwa “Indonesia adalah rumah kita sendiri yang harus dijaga dengan baik”.
“Masyarakat saya harap tidak mudah terprovokasi apalagi terhasut dengan penyebaran informasi hoaks. Jaga kerukunan sesama anak bangsa demi tetap tegaknya NKRI. Pegang teguh ideologi Pancasila. Dan saya berpesan agar nanti saat Pemilu jangan Golput,” ajak Caleg DPR RI dapil Bali nomor urut 4 dari PDI Perjuangan ini.(*)

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *