Wabup Suiasa Kukuhkan Anggota Paskibraka

KataBali.com – Wakil Bupati Badung, Bali, I Ketut Suiasa, secara resmi mengukuhkan 70 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Badung tahun 2018.

“Maknailah tanggung jawab ini sebagai kehormatan karena tidak semua orang bisa mendapat kesempatan untuk melakukan misi yang mulia ini,” Kata Wabup Suiasa kepada para anggota Paskibraka Badung di Wantilan Pura Lingga Bhuwana, Pusat Pemerintahan Badung, Selasa 14/8 lalu.

Anggota Paskibraka adalah pemuda-pemudi terpilih yang mendapatkan kehormatan dan kepercayaan untuk mengemban tugas mengibarkan dan menurunkan bendera negara Sang Merah Putih pada peringatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus di Badung ujar Suiasa.

“Saya merasa bangga melihat kesiapan adik-adik Paskibraka yang selalu bersemangat saat berlatih. Harapan saya kepercayaan yang telah diberikan kepada mereka ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Wabup Suiasa menjelaskan, kepercayaan sebagai anggota Paskibraka tersebut dapat memacu para pelajar agar dapat menumbuhkan rasa semangat, nasionalisme, rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta meningkatkan loyalitas, dedikasi dan pengabdian bagi Indonesia.

“Paskibraka juga merupakan kader bangsa, penerus kepemimpinan nasional, daerah serta elemen masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Badung, I Ketut Sudarsana selaku ketua panitia menjelaskan, kegiatan pengukuhan anggota Pakibraka tersebut bertujuan untuk melantik secara penuh anggota Paskibraka dan merupakan salah satu proses penguatan mental anggota Paskibraka.

“Dengan penanaman rasa kebangsaan dan kepercayaan diri pada saat kegiatan pengukuhan. Itu dapat menjadi modal utama dalam melaksanakan tugas pengibaran bendera nanti,” ujarnya.

Sebanyak 70 orang anggota Paskibraka tersebut sebelumnya telah menjalani berbagai tahapan latihan yang telah dilaksanakan pada bulan Juli hingga Agustus dengan masa karantina selama 14 hari.

Selama proses latihan, para anggota Paskibraka Badung dilatih oleh instruktur dari Kodim Badung, Polresta Denpasar, Polres Badung, Disdikpora, Dinas Sosial serta anggota Purna Paskibraka Indonesia.jcat

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *