Presiden Jokowi Lepas Kontingen ke AG XVIII, Target Masuk 10 Besar

KataBali.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kontingen Indonesia yang akan berlaga di Asian Games (AG) XVIII Tahun 2018, di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus-2 September mendatang, halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/8) sore.

Dalam sambutannya, Presiden mengingatkan, bahwa mereka adalah putra-putri terbaik dari negara Indonesia, dan mewakili 263 juta penduduk Indonesia.

Seluruh atlet pun telah didukung pelatihan dan official dan berlatih sangat panjang, dengan kerja keras yang amat sangat.

“Saya meyakini dengan kerja keras dengan berlatih yang rentangnya cukup panjang, saya menyakini insyaallah emas akan sebanyak-banyaknya kita dapatkan,” kata Presiden Jokowi.

Presiden menegaskan, target Indonesia sudah jelas sebagaimana sudah disampaikan oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.

“Targetnya jelas, masuk 10 besar. Emas yang kita dapatkan minimal juga jelas tadi, minimal 16. Minimal. Artinya kalau tambah banyak boleh, kurang satu pun tidak boleh,” tegas Presiden.

Kepala Negara mengaku telah menengok beberapa latihan-latihan yang telah diadakan, seperti di pencak silat, jetski, layar, skateboard, kemudian dayung. Kepala Negara meyakini, latihan-latihan dan yang lainnya dalam jangka yang cukup panjang itu akan menghasilkan sebuah prestasi yang baik.

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi menitipkan kebanggaan negeri ini ada di  seluruh atlet yang  nanti berlaga.

“Yakinlah bahwa 263 juta penduduk Indonesia berada di belakang saudara-saudara semuanya untuk berkumandangnya Indonesia Raya dan Merah Putih pada saat nanti ada kemenangan setelah Saudara-saudara bertanding,” tutur Presiden Jokowi.

1.383 Anggota Kontingen

Sebelumnya Menko PMK Puan Maharani dalam laporannya mengatakan, kontingan Indonesia yang akan bertanding di Asian Games XVIII Tahun 2018  berjumlah 1.383 orang. Mereka terdiri dari 938 atlet, 365 official, dan 80 headquarter.

“Tim ini akan mengikuti 40 cabang olahraga pada 67 disiplin dan 465 nomor pertandingan untuk memperebutkan 465 medali emas,” kata Puan.

Menurut Menko PMK, Asian Games XVIII Tahun 2018 akan dibuka pada 18 Agustus 2018, namun sejak tanggal 10 Agustus 2018 sudah dimulai babak penyisihan cabang Sepakbola, dan Indonesia akan bertanding pada tanggal 12 Agustus 2018 melawan China Taipeh di Stadion Patriot Chandradaga, Bekasi.

Puan menegaskan, target Tim Indonesia adalah meraih peringkat 10 besar yang dapat dicapai dengan setidaknya mampu meraih 16 hingga 17 medali emas.

“Tim Indonesia siap menggelorakan semangat berjuang meraih prestasi tertinggi demi berkumandangnya lagu indonesia Raya dan berkibarnya bendera Merah Putih,” tegas Puan.

Upacara pelepasan kontingen Indonesia ke Asian Games XVIII dihadiri oleh Menko PMK Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Ketua INASGOC Erick Tohir. jcsk

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *