Rakor dengan Menko Maritim, Bupati Eka Komitmen Perangi Sampah

KataBali.com – Bupati Tabanan , Ni Putu Eka Wiryastuti mengahadiri rapat kordinasi dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (13/3). Hadir dalam acara tersebut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Dalam rapat tersebut Bupati Eka mengungkapkan rapat ini merupakan pernyataan perang terhadap sampah. 

“Dalam rapat kordinasi ini kami sepakat untuk menyatakan perang terhadap sampah di Bali. Kami akan membetuk tim yang beranggotakan Kementerian Maritim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dirjen Perhubungan Laut, Kapolda Bali, TNI AL, World Bank dan para Kepala Daerah se-Bali”, ungkap Bupati Eka.

Bupati Eka berkomitmen program tersebut akan selesai sebelum Annual Meeting IMF – World Bank di Bali. Dijelaskannya, tim yang sudah dibentuk  bentuk nantinya akan mengedukasi hotel dan tempat pariwisata untuk mengurangi penggunaan plastik, melakukan pelatihan kepada masyarakat tentang daur ulang sampah dan cara mengubah sampah menjadi energi. 

“Selain itu tim akan rutin melakukan patroli laut dan barangsiapa yang membuang sampah sembarangan akan didenda sebesar 500 ribu. Bali adalah tujuan wisata jadi rentan sekali terhadap sampah, dengan kerja sama tim ini, saya yakin saat Annual Meeting IMF – World Bank Bali sudah kembali bersih dari sampah”, jelas Bupati Eka.

Bupati Eka mengatakan bahwa ia sangat mendukung program wave energy dari Menko Maritim.

“Pak Luhut dan World Bank akan memfasilitasi kami untuk membangun wave energy yang diantaranya mengubah sampah menjadi energi listrik dan energi biodiesel. Selanjutnya kami akan melakukan pembahasan lebih dalam dan perlu disepakati bersama, karena dibutuhkan persiapan lahan 10 hektar dan suplai sampah 400 ton per hari”, ujar Eka.

Bupati Eka berharap dengan adanya program kerjasama ini diharapkan Bali dapat menjadi contoh untuk provinsi lainnya dalam menanggulangi sampah, ditambah Bali merupakan salah satu destinasi favorit dunia,” ungkap Eka. 

Dirinya menambahkan, untuk di Tabanan sendiri saat ini sudah mempunyai 19 bank sampah dan salah satu bank sampah Tabanan juga sudah bekerjasama dengan pabrik plastik. 

“Sehingga sampah dapat menjadi barang yang dapat digunakan kembali dan menjadi manfaat. Kami juga menggerakkan sampah menjadi ekonomi kreatif dengan me-reduce sampah”, tutur Bupati Eka.

Sementara itu Luhut Panjaitan mengungkapkan isu sampah saat ini sudah menjadi perhatian pemerintah pusat. Pihaknya akan bersinergi untuk melakukan pembersihan sampah di Bali yang saat ini sudah menarik perhatian dunia. 

“Dengan mengundang banyak pihak seperti Menteri Lingkungan Hidup dan Perhutanan, perwakilan dari dirjen Perhubungan Laut , perwakilan dari ITB Mutiara R. Putri, TNI AL,  Kapolda Bali, World Bank kita bersama mencari cara dalam mengatasi permasalahan sampah yang salah satu solusinya dengan mengubah sampah menjadi energi,” ungkap Luhut. hms

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *