Bali Otonomi Award

KataBali.com – Bali Otonomi Award  menganugerahkan penghargaan kepada daerah yang dinilai paling inovatif yang diselenggarakan oleh Jawa Pos Institute of Pro Otonomi (JPIP). Acara digelar yang pertama kali pada tahun ini di Quest Hotel, Denpasar, Bali.Rabu 27/2.

 

Bali  Otonomi Award sebuah apresiasi tertinggi tahunan yang dianugerahkan kepada pemerintah daerah yang mampu melahirkan kebijakan kreatif dan inovatif di era otonomi di wilayah Bali.

 

Hadir Anggota DPD RI dari Bali Kadek Arimbawa,  Gubernur Bali yang diwakili Asisten I, Bupati Buleleng Agus Suryadnyana, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, serta jajaran kabupaten kota se Bali.

 

Bali Otonomi Award tersebut mengukur penyelenggaraan inovasi pemerintah daerah yang meliputi Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung dan Tabanan.

 

Selain acara penyerahan penghargaan Bali Otonomi Award juga ada kegiatan seminar. Dalam kesempatan tersebut, Anas mengupas tentang berbagai inovasi pelayanan publik dan visi kepemimpinan daerah yang melayani. Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, diperlukan dua hal penting yang harus dilaksanakan.

Sementara itu, menurut peneliti Bali Institute of Pro-Otonomi (BIPO) Putu Darmanu, spirit inovasi yang dikembangkan oleh Banyuwangi cukup relevan untuk ditiru oleh pemda di seluruh Provinsi Bali. Menurut penelitian dari BIPO, inovasi yang dikembangkan oleh pemda masih bersifat sektoral dan belum menyeluruh.

Anggota DPD RI dari Bali Kadek Arimbawa juga mengapresiasi upaya Pemda Banyuwangi dalam membuat regulasi yang melindungi masyarakat lokal. Seperti pelarangan minimarket berjejaring dan pembatasan hotel di lingkungan wisata dengan mengedepankan hotel berbasis masyarakat. “Kebijakan ini perlu ditularkan kepada para pemangku kebijakan di Bali,” tegasnya.

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *