Apel Siaga dan Aksi Bersih-Bersih Sungai di Kabupaten Tabanan

KataBali.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabanan menggelar apel siaga dan bersih bersih sungai sabtu(25/11)  di Lapangan Wagimin Tabanan. Bertindak sebagai Pembina upacara Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa.
Digelarnya apel siaga dan bersih bersih sungai bertujuan untuk mengetahui kesiapan personil untuk melaksanakan aksi bersih bersih sungai dan saluran drainase serta untuk menumbuhkan jiwa gotong royong dan kepedulian semua pihak terhadap kebersihan sungai sebagai sumber kehidupan yang harus dijaga. Sasaran kegiatannya di sungai yeh empas dan drainase di perumahan surya graha lestari.
Dalam acara tersebut juga dilakukan pengukuhan secara simbolis relawan sekolah sungai yang ditandai dengan pengalungan tanda peserta anggota relawan dan  pelepasan balon  oleh Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa sebagai  dimulainya kegiatan bersih-bersih sungai.  
Bupati Tabanan  dalam sambutan  yang dibacakan  Sekda I Nyoman Wirna Ariwangsa mengatakan  kecendrungan naiknya intensitas kejadian bencana hidrometeorologi yang cendrung meningkat seiring dengan perubahan iklim global, yang berdampak terhadap munculnya kasus-kasus bencana.” peningkatan intensitas bencana, tidak sekedar karena factor alam namun peningkatkannya juga terjadi akibat besarnya pengaruh aktivitas manusia,”ujarnya
Wirna Ariwangsa melanjutkan  sebagai masyarakat yang berawal dari agraris, air, dan sungai sangat penting bagi kehidupan.Namun saat ini sungai yang digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan luput dari pandangan dan sentuhan kita. bahkan dipakai sebagai tempat membuang barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Dan sekolah sungai  merupakan program yang dapat mengembalikan sungai kembali pada fungsi sebagai sebuah proses pemberdayaan komunitas yang berfokus pada kegiatan partisipatif dalam melakukan kajian perencanaan, perorganisasian, serta aksi yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan sebagai upaya untuk mewujudkan  komunitas atau relawab sungai sebagai agen perubahan dalam memperkuat dan mengembangkan gerakan pengurangan resiko bencana serta apat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.” saya mengajak kita semua, khususnya para peserta apel turut mensukseskan kegiatan ini. mari kita tumbuhkan jiwa kegotong royongan dan kepedulian semua pihak terhadap kebersihan sungai sebagai sumber kehidupan yang harus dijaga,”ajaknya.
Sebelumnya ketua panitia yang juga Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tabanan I Gusti Ngurah Made Sucita mengatakan Apel siaga dan bersih –bersih sungai merupakan salah satu tahapan dari rangkaian gerakan pengurangan resiko bencana melalui kegiatan sekolah sungai di Kabupaten Tabanan tahun 2017. Adapun acara tersebut bertujuan untuk mengetahui kesiapan personil untuk melaksanakan aksi bersih bersih sungai dan saluran drainase serta untuk menumbuhkan jiwa gotong royong dan kepedulian semua pihak terhadap kebersihan sungai sebagai sumber kehidupan yang harus dijaga.” Apel siaga dan bersih-bersih sungai  bertujuan mengetahui kesiapan personil,menumbuhkan jiwa kegotong royongan dan kepedulian semua phak terhdap kebersihan sungai sebagai sumber kehidupan yan harus dijaga. Lokasi kegiatannya di sungai yeh empas dan drainase di perumahan surya graha lestari, serta penebaran benih ikan di sungai tersebut,”ungkapnya.
Apel Siaga dan bersih-bersih sungai melibatkan peserta sebanyak 1000 orang, yang terdiri dari TNI/POLRI, Relawan sungai,Forum DAS,PMI, anak-anak sekolah, OPD di Lingkungan pemerintah kabupaten Tabanan dan Perusahaan daerah

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *