Pemerintah Kabupaten Tabanan Kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Jadikan Hidup Sehat Sebagai Budaya

KataBali.com  – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan momentum yg sangat tepat dalam meningkatkan komitmen bersama tentang betapa pentingnya hidup sehat. Untuk itu dihimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar menjadikan hidup sehat sebagai budaya sehingga mampu memberikan manfaat.  Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dalam acara Penggerakan Massa Kampanye Hidup Sehat Tingkat Kabupaten Tabanan, Minggu (23/4) di Lapangan Alit Saputra Tabanan.
Hadir dalam acara tersebut Gubernur Bali Made Mangku Pastika, dan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan.
“Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat merupakan upaya penting untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Wabup Sanjaya.
Dijelaskan gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan bergizi serta berolahraga. ” Konsumsi buah dan sayuran, tingkatkan aktivitas fisik dengan berolahraga teratur dan terukur, serta lakukan tes kesehatan secara berkala untuk mendeteksi diri dari suatu penyakit,” jelasnya.
Dikatakan Wabup Sanjaya, Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui perangkat daerah terkait terus berupaya meningkatkan pembangunan di bidang kesehatan masyarakat. “Pelayanan kesehatan telah dilakukan di rumah sakit dan puskesmas. Layanan kesehatan juga dilakukan secara keliling melalui mobil pelayanan kesehatan dengan menyediakan tenaga medis seperti dokter, perawat, dan bidan beserta obat-obatan yang dibutuhkan oleh masyarakat,” jelasnya.
Hasil dari semua itu menurut pihaknya  telah dirasakan oleh masyarakat di Tabanan. “Sekarang bagaimana mempertahankan hal ini dalam rangka mendukung program pemerintah dalam mewujudkan masyarakat Tabanan yang Serasi, Sejahtera, Aman dan Berprestasi,” katanya.
Lebih lanjut Wabup Sanjaya memberikan ucapan Selamat datang kepada Gubernur Bali sekaligus memberikan ucapan  terima kasih atas terpilihnya kabupaten Tabanan sebagai lokasi pelaksanaan Gerakan Masyarakat Kampanye Hidup Sehat.
Sementara itu Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan bahwa kesehatan sangatlah penting. Salah satu faktor kesehatan juga ditentukan dari makanan, oleh karena itu masyarakat dianjurkan memilih makanan yang sehat dan bergizi. “Kesehatan itu amat penting, kesehatan bermula dari makanan, dari mulut dan dari apa yang kita makan, jadi makanlah makanan yang sehat dan bergizi. Yang paling penting bukan banyaknya yang kita makan, tapi kecukupan untuk memenuhi tubuh kita,” jelasnya
Made Mangku Pastika juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tabanan yang sudah menyelenggarakan acara tersebut. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tabanan, Saya berharap Kabupaten lain juga bisa mengikutinya,” imbuhnya.
Sebelum acara dimulai Gubernur Bali dan Wabup Sanjaya juga melakukan tes kesehatan yang telah disiapkan panitia serta menyaksikan pameran mini berupa bahan-bahan sayuran sehat dan buah-buahan segar organik. Acara tersebut juga dimeriahkan oleh senam massal dan diakhiri  dengan pengundian hadiah doorprize. hmt
b

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *