NasDem Luncurkan Wacana Paket Mantra-Linggih

KataBali.com – NasDem Partai besutan Surya Paloh meluncurkan pasangan IB Rai Dharmawijaya Mantra-Gede Sumarjaya Linggih alias Demer (Paket Matra-Linggih) sebagai Cagub-Cawagub Bali 2018.

Dengan dimunculkannya wacana Paket Mantra-Linggih, hal tersebut diisyaratkan oleh Ketua DPW NasDem Bali, Ida Bagus Oka Gunastawa, di Denpasar, Minggu (26/3). Oka menegaskan, IB Rai Mantra sudah dipastikan diusung NasDem sebagai Calon Gubernur (Cagub) Bali 2018. Namun tandemnya di posisi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Bali, akan diambil dari figur asal Buleleng. Diantaranya yang dibidik adalah Demer.

Demer adalah politisi Golkar asal Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, saat ini anggota Dewan Pakar DPP Golkar. Demer sudah tiga periode duduk di Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali. Sedangkan Rai Mantra merupakan tokoh asal Denpasar Timur yang kini menjabat Walikota Denpasar (2008-2010, 2010-2015, 2016-2021). Jika Rai Mantra dianggap representasi kekuatan Bali Selatan, maka Demer adalah kekuatan Bali Utara.

Oka menyebutkan, ada empat tokoh asal Buleleng yang dianggap layak ditandemkan dengan Rai Mantra. Namun, Oka Gunastawa enggan merinci nama-nama tokoh dimaksud. Alasannya, Rai Mantra yang nanti diberikan kewenangan dan kebebasan untuk menentukan. Yang jelas, Demer termasuk di antara salah satu figur dari Buleleng tersebut.

Menurut Oka , Paket Mantra-Linggih atau Rai Mantra-figur Buleleng lainnya, adalah pasangan yang memasukkan potensi kewilayahan Bali Selatan-Bali Utara. “Strateginya pemetaan wilayah, keseimbangan. Karena Pak Rai Mantra berangkat dari Denpasar (Bali Selatan), maka tandemnya dari Buleleng sebagai representasi kekuatan Bali Utara,” tegas Oka Gunastawa.

Oka Gunastawa menyebutkan, NasDem sudah pasti akan berkoalisi dengan parpol-parpol lainnya dalam mengusung Cagub-Cawagub ke Pilbugb Bali 2018. Masalahnya, NasDem hanya punya 2 kursi DPRD Bali hasil Pileg 2014. Artinya, NasDem masih kekuarangan 9 kursi parlemen untuk bisa mengusung paket calon secara mandiri di Pilgub Bali 2018.

Menurut Oka Gunastawa, komunikasi politik dengan sejumlah parpol untuk mengusung Rai Mantra sebagai Cagub Bali saat ini sedang berjalan. Komunikasi itu dilakukan, antara lain, dengan Demokrat (punya 8 kursi DPRD Bali), Gerindra (punya 7 kursi DPRD Bali), PKPI (punya 1 kursi DPRD Bali), dan PAN (punya 1 kursi DPRD Bali). nb-1z

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *