Ayah Edy-Pemerhati Pendidikan Anak, Sambangi Klungkung

KataBali.com – Ayah Edi yang merupakan  seorang pemerhati dan praktisi pendidikan anak berbasis Multiple Intelligence dan Holistic Learning System hadir di Kabupaten Klungkung guna berdialog dan memberikan ilmunya cara memetakan potensi serta mendidik anak dengan baik.

 

Diprakarsai oleh Komunitas Anak Bahagia Kabupaten Klungkung dan JCI Semarapura, bekerja sama dengan Pemkab Klungkung, acara dialog ini digelar di Balai Budaya Ida I Dewa Agung Istri  Kanya Rabu (1/3).

 

Peserta yang hadir berjumlah sekitar +600 orang, yang terdiri atas para orang tua, guru dari mulai tingkat PAUD s/d SMA/SMK, siswa sekolah hingga PNS dilingkungan Pemkab Klungkung, bahkan Bupati Suwirta pun turut menyempatkan diri hadir pada acara yang berlangsung dengan penuh keakraban dan canda tawa ini.

 

Dalam dialognya Ayah Edy berupaya membuka pola pikir para peserta yang terdiri atas orang tua, guru dan siswa melalui dialog dan diskusi langsung. Dengan diselingi canda tawa,Ayah Edi mampu membuat para peserta yang pada awalnya malu malu, akhirnya menjadi antusias untuk berkonsultasi.

 

Ayah Edi mengatakan bahwa setiap anak yang hadir kedunia  dibekali dengan bakat dan tujuan khusus. Maka tugas orang tua dan gurulah untuk menemukan bakat dan membaca tanda tanda kebesaran tuhan pada masing masing anak ini untuk selanjutnya dibimbing sehingga tidak salah arah. “Melalui kegiatan seminar Indonesian Strong From Home, ini kita akan memulai dari keluarga masing masing untuk menciptakan generasi penerus yang terarah sesuai bakat dan potensi yang mereka bawa sejak lahir dan jangan sekali sekali menjegal cita cita seorang anak,” ujar Ayah Edy.

 

Ayah Edi berharap kepada para orang tua dan guru untuk tidak perah berhenti belajar tata cara membimbing anak, karena anak akan selalu menyimpan misteri dan memiliki hal hal yang baru. Kepada Pemerintah Daerah Ayah Edy berharap agar tidak berhenti melakukan kegiatan semacam ini serta selalu menggandeng para konselor dan pemerhati pendidikan anak serta membangun program yang akan dirasakan manfaatnya bagi anak bukan malah membuat anak tertekan dan terbebani. Pemkab juga didorong mambangun grup konsuling yang nantinya akan bertugas memberikan bimbingan kepada anak anak dan Ayah Edy akan siap melatih para konselor ini. 

 

Sementara itu Bupati Suwirta dalam kesempatanya mengatakan bahwa Pemkab Klungkung dibawah kepemimpinannya selalu berupaya menciptakan program – program yang membuat anak anak melakukan hal hal positif seperti acara car free day (CFD), menciptakan taman bermain anak, menciptakan lapangan yang bagus serta penyediaan alat alat musik tradisional di balai budaya.

 

Mengingat besarnya manfaat dari pelaksanaan acara dialog konseling  seperti ini, Bupati Suwirta tugaskan Dinas Pendidikan untuk menyelenggarakan kegiatan semacam ini rutin, minimal dalam setahun dilaksanakan dua kali. Kegiatan dialog  semacam ini sangatlah penting untuk mendidik anak anak sebagai generasi penerus pembangun bangsa, kedepan akan dianggarkan untuk menyenggarakan kegiatan serupa minimal 2 kali setahun,” Ujar bupati Suwirta.

 

Kepada para guru dan peserta lainnya Bupati Suwirta meminta supaya ilmu yang didapat langsung dipratekkan. “Sebagai orang tua dan pemerintah daerah ,saya akan terus berupaya memberikan rasa nyaman kepada masyarakat dan anak anak,” ujar bupati Suwirta 

 

Pada sela sela acara juga diserahkan  CD dan buku yang berisikan ilmu cara mendidik anak kepada Pemkab Klungkung untuk nantinya ditempatkan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Klungkung. (jckl)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *