Selasa ini Gunaja Akhirnya Diresmikan Jadi Plt Bupati Buleleng

KataBali.com – Usai berkali-kali ditunda Mendagri, Tjahjo Kumolo, akhirnya Pelaksana Teknis (Plt) Bupati Buleleng resmi menunjuk Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Made Gunaja sebagai Plt Bupati Buleleng menggantikan Bupati Putu Agus Suradnyana yang cuti di luar tanggungan negara akibat mengikuti tahapan kampanye Pilkada Buleleng 2017. Gunaja rencananya akan diresmikan sebagai Plt Bupati oleh Gubernur Bali, Made Mangku Pastika pada Selasa, (08/11) pagi di Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Denpasar.

Ketika dikonfirmasi oleh awak media, Kepala Biro (Karo) Humas Setda Provinsi Bali, Dewa Gede Mahendra Putra menjelaskan bahwa berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendagri Nomor 131.51-10073 tentang penunjukan Plt Bupati Buleleng, dari tiga nama yang diajukan sebelumnya. oleh Gubernur Bali, yakni Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali, Nyoman Wenten, Kepala Biro Umum dan Protokol Pemerintah Provinsi Bali Made Dermawa, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Made Gunaja. Akhirnya Mendagri menunjuk  Gunaja yang merupakan birokrat asal
Desa Baturiti, Kecamatan Kerambitan, Tabanan sebagai Plt Bupati Buleleng menggantikan posisi Agus Suradnyana.

Menurut Dewa Mahendra, penunjukan tersebut bukan menggunakan nantinya tidak akan melalui pelantikan seperti pada Pilkada 2015 lalu, melainkan menggunakan prosesi peresmian saja. Hal ini terjadi karena posisi Gunaja hanya menggantikan posisi Agus Suradnyana sebagai Plt. Berbeda halnya dengan Pilkada 2015 lalu dimana beberapa Bupati-Wakil Bupati yang sudah habis masa jabatannya sebelum dilaksanakan Pilkada. Begitu pula dengan pakaian yang akan digunakan oleh Plt Bupati Buleleng dalam prosesi peresmian nanti hanya menggunakan jas, tidak pakaian upacara resmi bupati yang berwarna putih seperti biasanya.

“Kalau saya dulu dilantik karena masa jabatan bupatinya sudah habis. Ini bupatinya hanya cuti, jadi istilahnya ya diresmikan,” jelas Dewa Mahendra Senin (07/11).

Dewa Mahendra juga menambahkan dalam prosesi tersebut nantinya Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana dan Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra juga akan akan diundang pada acara tersebut. (abl)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *