DPRD Tulungagung Studi Banding ke Pemkab Tabanan

KataBali.com – Tidak hanya dikagumi karena potensi pariwisata dan pertaniannya, Tabanan juga menjadi target kunjungan studi banding dari Kabupaten lain karena memiliki sistem informasi yang sudah memadai. Kali ini Pemkab Tabanan mendapat kunjungan studi banding dari DPRD Kabupaten Tulungagung. Rombongan dipimpin oleh Wakil Bupati Tulungagung Maryoto Birowo beserta Ketua DPRD Tulungagung Supriyono,  dan diterima oleh staf ahli Bupati Tabanan  bidang Kemasyarakatan dan SDM I Nyoman Sumartana serta beberapa SKPD terkait di ruang rapat setempat, Rabu lalu  (26/10).
 
Maryoto Birowo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas penerimaan yang ramah dari Pemkab Tabanan dan menyampaikan tujuanstudi banding yang dilakukan pihaknya yakni terkait dengan mempelajari keterbukaan informasi publik di Pemkab Tabanan sesuai dengan UUKeterbukaan Informasi Publik (KIP ) No.14 tahun 2008.
 
“Tujuan dari studi banding yang kami lakukan adalah ingin mempelajari penyebarluasan dan pengelolaan informasi publik Pemkab Tabanan terhadap permintaan masyarakat akan informasi publik, serta penyelesaian masalah sengketa informasi publik apabila ada,” ungkapnya. 
 
Pihaknya mengatakan sistem informasi publik yang telah terbangun di Pemkab Tabanan penting untuk dipelajari Kabupaten Tulungagung. Mengingat, banyak kegiatan-kegiatan di daerah tersebut yang butuh dipublikasikan kepada masyarakat. “Keterbukaan informasi ini penting. Oleh sebab itu, kita mencoba mempelajari informasi publik yang ada di Tabanan,” ungkapnya.
 
Sementara itu I Nyoman Sumartana menyambut baik kunjungan yang dilakukan karena pada kesempatan tersebut kedua belah pihak dapat saling bertukar informasi, yang selanjutnya dapat dimanfaatkan bagi kemajuan dan perkembangan di daerah masing-masing. “Kami ucapkan selamat datang kepada Bapak Wakil Bupati dan juga Anggota Komisi D DPRD Tulungagung , semoga kunjungan ini dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak untuk kemajuan dan perkembangan di daerah masing-masing,” jelasnya.
Menurutnya, Tabanan sudah menerapkan amanat dari UUD Keterbukaan Informasi Publik, “Sesuai dengan UU KIP No.14 tahun 2008, sistem informasi publik kita sudah transparan, seperti rencana umum pengadaan juga sudah kita publikasikan, serta  lelang juga sudah online,” ungkapnya.
 
Pihaknya berharap, ke depan jalinan silaturahmi bisa terus dilanjutkan untuk mengisi program pembangunan di daerah masing-masing. Selain itu, menurut Sumartana, Pemkab Tabanan juga masih terus berbenah di berbagai bidang sehingga perlu belajar dari daerah lain. “ Tidak dipungkiri kami masih ada banyak kekurangan. Karena itu kami berharap kita terus menjalin tali silaturahmi untuk mengisi program pembangunan,” imbuhnya.
 
Dalam pertemuan tersebut juga dilakukan sesi tanya jawab, serta tukar cindera mata antara kedua belah pihak dan diakhiri dengan foto bersama. Selanjutnya, Wakil Bupati Tulungagung dan anggota DPRD komisi D juga melakukan kunjungan ke LPSE dan server Dinas Perhubungan Tabanan. HmTb
 
 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *