Manajemen dan SDM Berkualitas Kunci Sukses Koperasi

KataBali.com – Selain mampu mengembangkan akses bidang pemasaran dan kemitraan, kunci sukses koperasi adalah manajemen yang baik.

“Dan manajemen bisa berjalan dengan baik apabila didukung oleh Sumber Daya Manusia ( SDM ) berkualitas,” kata Sekkab Tabanan yang juga Ketua Dekopinda Kabupaten Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa saat membuka seminar tentang kelembagaan koperasi di Kantor Bupati Tabanan baru-baru ini.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut perwakilan dari Deputi kelembagaan koperasi dan UMKM RI serta pengurus Koppas Srinadi selaku moderator, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tabanan  AA Gede Dalem Tresna Ngurah.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan tertulis dibacakan Wirna Ariwangsa menyebutkan, jumlah koperasi di Kabupaten Tabanan sudah mencapai 557 koperasi,

jumlah tersebut menggambarkan bahwa koperasi sangat berpotensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Kabupaten Tabanan.
Disamping berperan sebagai sumber penguatan modal bagi UMKM dan penyalur produk UMKM, peran koperasi juga tidak kalah dalam meyerap tenaga kerja yang hampir mencapai 3.258 orang.

“ Dengan adanya potensi tersebut kita akan terus berupaya untuk mewujudkan koperasi yang berkualitas, berdaya saing dan mandiri,” ungkapnya.

Ditambahkan, permasalahan utama yang dihadapi dalam pemberdayaan koperasi adalah kurang siapnya SDM koperasi dalam pengelolaan koperasi, dimana ke depannya akan semakin berat dengan adanya era globalisasi , pasar bebas dan Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA ).

“Kami berharap semua unsur terkait kita harapkan untuk berpartisipasi dan bekerjasama mewujudkan SDM yang berkualitas dan profesional,” ujarnya.

Permasalahan lain yang dihadapi adalah ketidak patuhan pelaku koperasi terhadap peraturan-peraturan yang berlaku dan masih ada koperasi yang tidak bercirikan nilai-nilai dan jati diri koperasi.

“ Seminar yang kita adakan pada hari ini merupakan salah satu upaya kita dalam meningkatkan kualitas SDM sehingga dapat diimplementasikan pada kegiatan perkoperasian masing-masing dengan baik,” imbuhnya. (maf)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *