Figur Rizal Ramli, Keras di Kebijakan Lembut dengan Sesama

KataBali,com–  Staf Khusus Kemenko Maritim dan Sumber Daya, Elly Oemar memberikan motivasi kepada para peserta Ekspedisi Maritim Gerhana Matahari Total (GMT) 2016. Ia pun menceritakan sosok seorang Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli.

“Berapa banyak adik-adik yang mengenal seorang Rizal Ramli?” tanya Elly saat mendapat giliran memberikan motivasi sebagaimana dikutip dalam laman maritim.go.id.

Tak disangka, banyak yang mengenal sosok Rizal Ramli. Ada yang menyebut Menko Rizal merupakan sosok yang ‘humble’, ada juga yang menjawab sosok revolusioner, sosok ‘out of the box’.

Elly, yang kerap disapa Bunda itu kemudian bercerita. Rizal Ramli adalah sosok yang selalu berpikir demi kemajuan bangsa. Rizal selalu bersikap keras ‎terhadap hal-hal yang berpotensi menggagalkan kemajuan negeri.

“Ia (Rizal) tak segan-segan untuk meluruskan kebijakan yang nyeleneh,” sambungnya.

“Semenjak kenal 10 tahun yang lalu, RR selalu memperjuangkan kebenaran demi terwujudnya perubahan yang lebih baik untuk masyarakat Indonesia. Dalam memperjuangkan kebenaran demi perubahan itu, RR selalu berpijak pada kebenaran dan memiliki konsep ekonomi kerakyatan,” Elly menambahkan.

“Pak Rizal tidak pernah memikirkan dirinya sendiri. Yang ada hanyalah tekad yang bulat memperjuangkan kebenaran. Itulah sikap konsisten pak RR yang terlihat sampai saat ini,” bebernya.

Tapi, lanjut Elly, di balik sikap tegas yang terkesan marah itu, RR mempunyai sisi lain yang lembut dan penuh kasih. Suatu ketika, digelarlah rapat di rumah RR.

Lalu, terdengar suara anak-anak yang berteriak-teriak yang dirasanya mengganggu. Elly pun bertanya kepada stafnya, anak-anak siapa itu yang berisik.

“Anak pembantu dan supir bapak lagi berenang Bu,” jawab Arum, stafnya, datar.

Ia berfikir, kolam renang yang dipakai anak pembantu dan supirnya itu adalah kolam yang biasa dipakai Rizal untuk berenang juga. Hebatnya, Rizal Ramli tidak pernah marah dan melarang anak-anak tersebut.

“Dan, disitulah saya melihat sisi lain pak Menko yang ternyata memiliki sifat lembut dan penuh kasih,” imbuh dia.

Setelah panjang lebar menceritakan sosok Menko Rizal, Elly pun membagikan buku yang sudah ditanda tangani Rizal Ramli. Karena begitu banyak peserta yang begitu antusias mendapatkan buku Rizal Ramli tersebut, Elly berjanji akan mengirimkan ke sekolah mereka masing-masing.

Ia juga berpesan setelah selesai dibaca, berikan kepada teman kalian untuk membaca. Dan begitu selanjutnya. (faz)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *