Warga Sidemen: Pak Koster Sudah Majukan Karangasem

Caption : Warga Sidemen Gusti Ayu Surya Ningsih menyampaikan aspirasi kepada paslon Gubernur Bali nomor Wayan Koster dan Giri Prasta di Balai Banjar Adat Taliben Sidemen Karangasem, Rabu 2 Oktober 2024.

KataBali.com – KARANGASEM – Salah seorang warga Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem bernama Gusti ayu suryaningsih mengatakan bahwa selama Wayan Koster menjabat gubernur Bali 2018-2023 telah banyak membawa kemajuan bagi daerah Gumi Lahar tersebut.

Hal itu disampaikan Suryaningsih saat Kampanye Terbuka Putaran I Pilkada Serentak 2024 yang dihadiri Pasangan Calon (Paslon) Gubernur-Wakil Gubernur Bali Nomor Urut 2, Wayan Koster-I Nyoman Giri Prasta, Rabu (2/10/2024) di Desa Talibeng, Sidemen, Karangasem.

Hadir pula Paslon Bupati-Wakil Bupati Karangasem Nomor Urut 2, I Gede Dana- I Nengah Swadi (Dana-Swadi).

“Seneng dengan prestasi luar biasa Pak Koster. Perubahan luar biasa,
Karangasem lebih maju. Menyala Wii!” serunya.

Sementara Wayan Sidharta, salah seorang warga Desa Sidakarya, Sidemen mengatakan bahwa Wayan Koster saat menjadi gubernur telah berhasil mengangkat derajat arak bali go internasional.

“Untuk Pak Koster, selama ini bantu kami dari sisi aturan soal arak bali. Kami di sini hampir semua jadi petani arak. Jadi kami pasti dukung beliau,” tegasnya.

Selain itu, menurutnya, saat sempat menjadi anggota DPR RI dan gubernur, Wayan Koster telah menggelontorkan sejumlah bantuan untuk desanya.

“Desa-desa kami selalu dibantu Pak Koster,” ungkapnya.

Sedangkan untuk Giri Prasta diharapkan dapat mendampingi Wayan Koster sebagai Wakil Gubernur Bali.

“Karena beliau sudah bantu untuk desa dan wantilan bale banjar. Ke depannya bisa terus-menerus bantu desa. Pasti kami dukung dan coblos,” tegasnya.

Di sisi lain, Ketua Tim Pemenangan Karangasem Koster-Giri, Wayan suastika menyebut Koster-Giri adalah pasangan pemimpin yang saling melengkapi satu sama lainnya.

“Pak Koster sama Pak Giri saling melengkapi, selalu bersama. Yang satu visioner, dan satu lagi pemimpin dicintai masyarakat Bali, ” ujarnya.

Sedangkan Cagub Wayan Koster di hadapan ratusan warga yang hadir mengakatan bahwa dirinya berkomitmen memajukan produk lokal guna meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat Bali.

“Pada periode pertama, tiyang menjabat gubernur 2018-2023, langsung membuat kebijakan untuk memperkuat dan melindungi produk lokal. Termasuk arak, endek, songket dan tenun yang juga banyak ada di Sidemen,” ujarnya.

Hal ini menurutnya untuk memperkuat perekonomian lokal dan meningkatkan kesejahteraan warga Bali

“Arak bali sudah terkenal, dulu belum bisa dijual, sekarang bisa dijual di hotel-hotel bahkan dieksport. Ada endek, songket dan tenun yang juga banyak di Sidemen. Sudah terkenal itu. Jadi diproduksi orang Bali, dijual oleh orang Bali, dibeli orang Bali, sehingga terjadi perputaran ekonomi di Bali dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, ” jelas Wayan Koster.

Terakhir, ia berkomitmen setelah terpilih kembali sebagai gubernur untuk periode kedua, maka akan memberikan prioritas terhadap pembangunan Karangasem.

“Maka saya akan lebih memprioritaskan Karangasem lagi. Supaya ekonomi daerahnya meningkat dan kesejahteraan masyarakat meningkat, maka infrastruktnya, jalan-jalannya, sekolah akan lebih bagus lagi. Biar semakin maju,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Wayan Koster ketika menjabat gubernur periode 2018-2023 telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan atau Distilasi Khas Bali. Kemudian, Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan, dan Industri Lokal Bali. Selanjutnya, Pergub Bali Nomor 79 Tahun 2018 tentang Penggunaan Busana Adat Bali. rl

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *