Berpihak Generasi Muda, Koster-Giri Jamin Turyapada Tower dan PKB Serap Puluhan Ribu Milenial dan Gen Z


KataBali.com – DENPASAR-Keberpihakan terhadap generasi muda Bali terpatri dalam diri Wayan Koster dan Nyoman Giri Prasta. Komitmen itu telah terbukti dan teruji dilakukan pemimpin visioner dan bares ini. 


Untuk menjadikan generasi muda (milenial dan Gen Z) sebagai raja di rumah sendiri, Wayan Koster telah melibatkan generasi muda krama Bali mulai dari merancang program, membangun dan mengawasinya, hingga mengelolanya.  
Wayan Koster dan Giri Prasta telah membangun sejumlah karya monumental di Bali yang menjadi inkubator bisnis bagi krama Bali. 


Karya-karya Koster-Giri di Bali bertujuan menghadirkan wahana pengembangan kewirausahaan anak muda, serta memberi kesempatan luas bagi generasi muda, milenial dan gen Z berinteraksi langsung dengan ekonomi kerakyatan dan digital sesuai kompetensi serta profesionalitasnya. 

Bukti di depan mata adalah Turyapada Tower Desa Pegayaman, Sukasada, Buleleng. Karya monumental Gubernur Bali 2018-2023 Wayan Koster telah dirasakan manfaatnya oleh seluruh Krama Bali. Koster sang visioner yang membuat konsep tower multifungsi ini, dengan melibatkan putra lokal Bali dari Unud. 


Kini, Pemerintah Provinsi Bali akan melakukan soft launching.  Pemprov Bali berharap pembangunan strategis ini mampu mengatasi blank spot (wilayah yang tidak terjangkau siaran televisi dan radio) di Buleleng dan sekitarnya, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat serta menyeimbangkan pariwisata Bali.


Pj Gubernur Bali Mahendra Jaya mengagumi karya monumental ini. Apalagi, di desain oleh Unud dan dibangun Hutama Karya. Semuanya karya anak bangsa. 

Saat ini, menurut dia, stasiun televisi swasta pemegang MUX dan ANTV sementara melakukan uji coba siaran. Semoga, upaya ini dapat mengatasi blank spot dan kendala jaringan komunikasi wilayah Bali Utara dan sekitarnya.  
Ia menyebut Turyapada akan beroperasi mulai tahun 2026. Destinasi wisata baru ini menampung banyak UMKM, IKM, serta usaha ekonomi kreatif dan digital lainnya. 


“Bisa menyerap ribuan tenaga anak-anak muda,” ujarnya.
Saat ini secara bertahap, krama Bali bisa menikmati keindahan Turyapada Tower. Pemprov Bali membuka untuk pengunjung dengan membatasi kuota.   
“Kami akan membatasi kuota, misalnya 25 hingga 50 pengunjung per hari, sampai menara ini (Turyapada) benar-benar operasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Bali 2018-2023, Wayan Koster dihadapan ribuan generasi muda di Unud, menjelaskan telah mendapat informasi bahwa Turyapada Tower segera soft launching. Bahkan fungsi pemancarnya sudah mulai berjalan. Saat World Water Forum (WWF) di Nusa Dua, tower ini sudah difungsikan.
“Turyapada Tower sepenuhnya didesain oleh dosen dari Unud. Dosen arsitektur, teknik sipil, teknik elektro, teknik informatika, semuanya dari Unud. bukan dari luar. Ternyata Unud mampu. Ini adalah hasil karya monumental dan menjadi legacy atau warisan kita kedepan,” jelas Koster.
Pria asal Sembiran Buleleng ini menjelaskan,  Koster-Giri berkomitmen ingin bekerja sama dengan Udayana untuk membangun inkubator bisnis, sebagai wahana pengembangan kewirausahaan anak muda Bali.  Serta memberi kesempatan luas bagi generasi muda, milenial dan gen Z,untuk berinteraksi dengan ekonomi kerakyatan dan digital sesuai kompetensi profesionalnya.

“Koster-Giri berupaya membuka lapangan kerja baru bagi generasi muda. Untuk itu, pembangunan Turyapada Tower dan Pusat Kebudayaan Bali di Klungkung, akan menjadi wahana untuk pengembangan usaha, bagi anak muda yang akan kami libatkan dalam pembangunan ekonomi di dua kawasan tersebut,” jelas Koster. 


Menurut anggota DPR RI tiga periode ini, Turyapada akan beroperasi mulai 2026. Saat pembukaan, tentu akan menampung banyak UMKM, IKM, serta usaha ekonomi lainnya. Pembangunan monumental ini bisa menyerap ribuan tenaga kerja generasi muda Bali.


Selain itu, Koster juga menyebut jika pembangunan Pusat Kebudayaan Bali di Klungkung akan menjadi pusat pengembangan ekonomi kreatifitas dan digital serta IKM, UMKM yang akan mengakomodasi ribuan anak-anak muda Bali.
Untuk diketahui, Koster dan Giri Prasta menyampaikan keberpihakannya kepada generasi muda Bali, saat diundang hadiri uji publik pilkada Bali 2024 oleh BEM Unud, 11 Oktober 2024 lalu. Koster-Giri Paslon Gubernur Bali nomor 2 ini menyampaikan sejumlah program yang telah dilakukan dan akan dilanjutkan jika kembali mendapat mandat dari krama Bali, pada Rabu 27 November 2024. (*)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *