Langkah Strategis Kominfo Gandeng Indosat dan Mastercard Latih 1 Juta Talenta Keamanan Siber

KataBali.com-Jakarta-Langkah strategis memperkuat ekosistem digital Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) bekerja sama dengan Cybersecurity Center of Excellence oleh Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Mastercard Indonesia meluncurkan akademi daring mempersiapkan satu juta masyarakat Indonesia bidang keamanan siber. Inisiatif ini menandai pentingnya Indonesia menjadi ekonomi digital global.

Dengan memanfaatkan Platform Digital Talent Scholarship (DTS) milik Kominfo, akademi daring ini berfokus pengembangan pengetahuan dasar dan keterampilan praktis keamanan siber bagi individu dan usaha kecil, memastikan mereka siap melindungi diri dalam dunia semakin terdigitalisasi.Inisiatif mendorong dan mengasah kemampuan keamanan siber Indonesia para profesional maupun talenta baru, yang diharapkan menambah jumlah spesialis bidang keamanan siber.

Indosat dengan keahlian Mastercard dalam solusi keamanan siber berpengalaman menyelenggarakan pelatihan keamanan siber komprehensif di banyak negara di Asia Pasifik maupun global.Peserta program DTS akan memperoleh keterampilan penting dalam ekonomi digital seperti cara menginventarisasi perangkat, apps dan accounts; menguasai pembaruan perangkat lunak dan keamanan daring; melindungi diri dari serangan phishing dan malware; serta mengamankan data bisnis dengan backups. diharapkan memposisikan Indonesia sebagai pemimpin keamanan digital, tidak hanya di Asia Tenggara, juga di tingkat global.

Budi Arie Setiadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, mengatakan, Kemitraan ini menandai tonggak penting pengembangan digital Indonesia. Kami berkomitmen mebangun ekosistem digital aman dan tangguh,” Keamanan siber i bagian penting dari misi ini Bergabungnya Indosat Ooredoo Hutchison ( IOH ) dan Mastercard,kami meletakkan fondasi kuat mempersiapkan talenta digital Indonesia menghadapi tantangan yang akan datang.” Terang Budi Arie.

Vikram Sinha,President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), mengatakan,Ia percaya talenta digital kunci masa depan Indonesia, “ Kami merasa terhormat dipercaya Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung terobosan ini. Bersama dengan Mastercard,berkomitmen mempercepat perjalanan Indonesia menuju negara maju dan aman secara digital, serta siap bersaing di kancah global. inisiatif bersejarah ini, kami yakin Indosat makin dekat untuk memenuhi tujuan besar kami memberdayakan Indonesia,.” Jelas Vikram.

Aileen Goh, Country Manager and President Director of Mastercard Indonesia, mengatakan, Seiring pertumbuhan ekonomi digital, frekuensi dan cakupan serangan siber juga meningkat. Kejahatan siber diproyeksikan merugikan dunia sekitar US$13,8 triliun tahun 2028. Selain meningkatnya kerentanan, survei global terbaru mengungkapkan 72 persen serangan siber di Asia disebabkan kekurangan spesialis terampil bidang ini.

Pengembangan kapasitas dan pembinaan talenta keamanan siber kunci ketahanan siber dan ekonomi digital aman. Mastercard senang berkontribusi bersama Indosat dan Kementerian Komunikasi dan Informati
ka. Kolaborasi membekali talenta Indonesia dengan keterampilan, pengetahuan, dan keahlian memperkuat ekonomi digital, menjaga masa depan digital Indonesia.Kolaborasi ini merupakan bagian dari Cybersecurity Center of Excellence diluncurkan IOH dan Mastercard April 2024. Nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *