Sekda Hadiri Karya Melaspas Alit di Pura Muaya Jimbaran

KataBali.com – Badung – Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri karya Melaspas Alit Pelinggih Balai Tajuk dan Pepelik Parahyangan di Pura Muaya, Kelurahan Jimbaran, Kuta Selatan, Senin, Pon Wuku Gumbreg, (19/8) yang bertepatan dengan Purnama Sasih Karo. Acara melaspas ini dipuput oleh Ida Rsi Agung Dawan Pemecutan dari Griya Pasraman Dawan Pemecutan, Jimbaran.

Pada kesempatan ini, hadir mendampingi Sekda Badung, Camat Kuta Selatan I Ketut Gede Arta, Kepala BPBD Badung yang diwakili Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung I Ketut Murdita, Lurah jimbaran I Wayan Kardiyasa, Kelian Pura Muaya Jro Mangku Wayan Setor, Kepala Lingkungan Se Kelurahan Jimbaran dan Kelian adat Banjar se Desa Adat Jimbaran.

Selain itu, Sekda Adi Arnawa juga menyerahkan secara simbolis bantuan dari BPBD Badung sebesar Rp. 320 Juta yang diterima langsung oleh Bendesa Adat Desa Jimbaran I Gusti Made Rai Dirga, dan disaksikan oleh undangan dan para krama pengempon.

Sekda Adi Arnawa dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada BPBD Badung yang bergerak cepat dan langsung memeriksa kerusakan di Pura Muaya akibat musibah tersebut. Dijelaskan pula bahwa hal tersebut merupakan komitmen dari Pemerintah Kabupaten Badung untuk hadir tengah-tengah masyarakat untuk bergerak cepat dalam menanggulangi bencana yang tak terduga seperti ini.

“Permasalahan infrastruktur yang ada di Kabupaten Badung, entah itu pembangunan sampai kerusakan, diperbaiki menggunakan dana PAD Badung yang berasal dari sektor pariwisata, maka dari itu sektor pariwisata menjadi hal yang wajib diperhatikan. Semoga dengan kita melaksanakan upacara melaspas alit ini, betara dan betari yang berstana disini, memberikan kesehatan dan keselamatan bagi kita semua,” ujarnya.

Bendesa Adat Desa Jimbaran I Gusti Made Rai Dirga dalam laporan menyampaikan bahwa Bale Pepelik dan Balai Tajuk di Pura Muaya terkena musibah angin kencang saat Hari Raya Nyepi yang lalu, dan mengakibatkan robohnya kedua balai tersebut. Dijelaskan pula, dirinya dan Prajuru Adat Jimbaran melaporkan kejadian tersebut kepada Sekda Adi Arnawa yang kebetulan hadir pada Acara Siat Yeh (Perang Air) yang dilaksanakan pada saat Ngembak Geni di Banjar Teba, Desa Adat Jimbaran.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten atas perhatian dan Bantuan yang diberikan kepada Desa Adat Jimbaran, semoga kedepannya kita bisa menjaga dan merawat infrastruktur yang ada di Desa Adat Jimbaran,“ ungkapnya. hbd

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *