Mahasiswa Dituntut Mampu Mengembangkan Inovasi Pengembangan Ekowisata Maritim

KataBali.com – Denpasar– Perkembangan pariwisata maritim di Indonesia yang semakin pesat mendorong para akademisi untuk mencetak generasi muda yang tidak hanya menguasai teori, tetapi juga mampu berkontribusi dalam pengembangan inovasi. Hal ini disampaikan oleh Wakil Dekan I Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa, Ir. Yan Tonga, MP dalam kegiatan international studium general dengan tema “Nature Balance and Ecotourism Development” di Denpasar pada Sabtu (3/8)

Yan Tonga menekankan bahwa mahasiswa sebagai agen perubahan memiliki peran penting dalam menciptakan inovasi-inovasi baru dalam sektor pariwisata maritim. “Mahasiswa tidak hanya sebagai penerima ilmu, tetapi juga sebagai pelaku yang aktif dalam menjawab tantangan dan peluang yang ada di sektor pariwisata,” ujarnya.

Menurut Yan Tonga, beberapa inovasi yang diharapkan dapat dikembangkan seperti pengembangan produk wisata berbasis komunitas, dengan melibatkan masyarakat sekitar dalam pengelolaan destinasi wisata untuk meningkatkan kesejahteraan dan pelestarian lingkungan. Inovasi berikutnya penerapan teknologi informasi. Memanfaatkan teknologi untuk mempromosikan destinasi wisata, melakukan reservasi, dan memberikan informasi yang akurat kepada wisatawan.

Yan Tonga mengungkapkan inovasi juga dapat dalam bentuk pengembangan wisata edukasi. Inovasi ini dengan menggabungkan unsur edukasi dengan wisata untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan laut. Inovasi berikutnya berupa pembuatan produk-produk kreatif berbasis sumber daya local. Memberdayakan masyarakat sekitar dengan menciptakan produk-produk unik yang bernilai jual tinggi.

“Dengan kreativitas dan inovasi, mahasiswa dapat menciptakan produk-produk wisata yang berkelanjutan dan mampu bersaing di pasar global,” papar Yan Tonga. mul

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *