Bank Indonesia Bali Komitmen Berdayakan UMKM dan Digitalisasi Pariwisata

KataBali.com-Denpasar-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali berkomitmen mendukung pengembangan UMKM dan pariwisata di Bali dengan berpartisipasi kegiatan Harvesting Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) 2024,di Ksirarnawa Bali.Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Campaign Manager, Pemerintah Provinsi Bali, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali.

Prestasi membanggakan juga diraih beberapa UMKM binaan Bank Indonesia, yaitu UMKM Gringsing Tunjung Biru, Bali Taru Rahayu, dan Rotenbi, menerima penghargaan sebagai Champion BBI BBWI Provinsi Bali 2024. Penghargaan bukti nyata dedikasi Bank Indonesia mendorong potensi lokal dan memperkuat ekonomi kreatif di Bali.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja mengungkapkan Bank Indonesia berkomitmen mendukung Gernas BBI dan BBWI bagian Strategi Nasional memperkuat ekonomi kerakyatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ”Kami percaya bahwa melalui upaya yang dilakukan untuk mendukung Gernas ini, kita dapat memperkuat daya saing produk lokal, mendorong kreativitas dan inovasi, serta meningkatkan kontribusi sektor pariwisata dalam perekonomian nasional”, tegasnya.

Dukungan Bank Indonesia ini, kata Erwin dimulai sejak Februari lalu langkah strategis. Tahap Pertama, beberapa UMKM binaan potensial telah dikurasi mengikuti program On Boarding bertujuan membantu UMKM binaan maupun mitra memperluas pasar melalui platform digital. Dalam mendukung BBWI, Bank Indonesia melaksanakan Capacity Building bagi Desa Wisata bertujuan meningkatkan kualitas dan daya saing desa wisata.

“ Digitalisasi pariwisata didorong mencakup pemasaran online serta pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan aksesibilitas dan pengalaman wisatawan dalam rangka mendorong pariwisata berkualitas dan inklusif di Bali, “ jelas Erwin.

Salah satu inisiatif unggulan Bank Indonesia penyelenggaraan Bali Jagadhita 2024 Juni lalu diikuti sekitar 50 UMKM bidang Fesyen, Kriya, dan Kuliner. Selain itu, Bank Indonesia melibatkan Desa Wisata pada Bali Beyond Travel Fair mempertemukan Desa Wisata dengan agen perjalanan global dan lokal.

“ Rangkaian kegiatan ini, kata Erwin diharapkan menjadi momentum UMKM dan sektor pariwisata di Bali terus berkembang dan beradaptasi dengan dinamika pasar global. Bank Indonesia mengajak seluruh masyarakat mendukung produk lokal dan berpartisipasi memajukan pariwisata Indonesia, “ terang Erwin..nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *