OJK Bali Inisiasi Akses Keuangan Kelompok Tani dan UMKM di Kab. Jembrana

KataBali.com- Jembrana- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Prov.Bali bersama TPAKD Kabupaten Jembrana menginisiasi Perjanjian Kerja Sama antara PT BPD Bali dengan Kelompok Tani Merta Abadi dan Koperasi Produsen Buana Merta Abadi utuk Pengembangan Ekonomi Daerah Kabupaten Jembrana.

Kepala OJK Provinsi Bali, diwakili oleh Deputi Direktur Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen Rony Ukurta Barus mengungkapkan OJK terus bersinergi dengan Stakeholder daerah untuk peningkatan akses keuangan dalam pengembangan ekonomi daerah, mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkelanjutan dan berkeadilan, meningkatkan taraf hidup masyarakat serta mengurangi ketimpangan ekonomi daerah.

“Pemilihan Kabupaten Jembrana sebagai daerah potensial pengembangan sektor pertanian tahun 2024 karena pertumbuhan PDRB positif selama 5 tahun terakhir cukup tinggi pada sektor pertanian . Selain itu, berdasar data BPS Bali tahun 2023, produksi kakao di Kabupaten Jembrana menguasai 63,55% market share produksi kakao di Provinsi Bali,” kata Rony di Jembrana, Rabu (24/7).

Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana I Made Budiasa,hadir saat Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama pembiayaan budidaya kakao antara PT BPD Bali dengan Kelompok Tani Merta Abadi dan Koperasi Produsen Buana Merta Abadi.

Made Budiasa mengapresiasi inisiasi OJK Provinsi Bali serta PT BPD Bali atas komitmennya mendukung peningkatan akses keuangan petani kakao di Jembrana, dan berharap kerja sama ini mendorong komoditas kakao sebagai komoditas unggulan daerah Jembrana dan menjadi pilot project menuju Jembrana Emas 2026.

Usai MoU secara simbolis diserahkan, KUR kepada petani kakao tergabung dalam Kelompok Tani Merta Abadi, KMK kepada Koperasi Produsen Buana Merta Abadi, dan penyerahan Sertifikat Surat Tanda Budi Daya kakao dan bibit kelapa genjah kepada petani.

Nampak hadirDireksi BPD Bali, Direksi PT Jamkrida Bali Mandara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Jembrana, Plt. Kepala Dinas Pertanian Pangan Kabupaten Jembrana, Kepala BPD Bali Cabang Negara, Kepala PT Jamkrindo Cabang Wilayah VII Denpasar, dan Manajer Bisnis PT PNM Denpasar.

Melalui sinergi dan kolaborasi semua pihak dalam TPAKD ini diharapkan dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Jembrana dan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Bali. nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *