Gladi Bersih Wimbakara Taman Penasar Sanggar Seni Tepi Siring, Buduk, Mengwi, Sekda Adi Arnawa Beri Semangat Duta Kabupaten Badung

KataBali.com – Badung – Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri sekaligus menyaksikan Gladi Bersih Wimbakara Taman Penasar Sanggar Seni Tepi Siring Duta Kabupaten Badung pada Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024 di Jaba Pura Gede Dalem Warung, Banjar Gunung Buduk, Kecamatan Mengwi, Badung, Minggu (9/6). Turut hadir dalam kesempatan ini Ida Pandita Mpu Putra Maha Agung Parama Nirbhana Bhiru Dhaksa, Kepala Dinas Kebudayaan Badung I Gde Eka Sudarwitha, Perwakilan Camat Mengwi, Perbekel Desa Buduk I Ketut Wira Adi Atmaja, Bendesa Adat Buduk, Kelian Adat, Kelian Dinas Banjar Umakepuh dan Gunung, serta masyarakat setempat. Dalam kesempatan tersebut Sekda Adi Arnawa secara peribadi membantu dana sebesar Rp 20 juta.

Sekda Adi Arnawa menyampaikan apresiasi setelah menyaksikan penampilan Wimbakara Taman Penasar Sanggar Seni Tepi Siring. Melihat semangat penampilan gladi bersih tadi, Adi Arnawa optimis bahwa Duta Kabupaten Badung melalui Sanggar Seni Tepi Siring Duta Kabupaten Badung pada PKB XLVI Tahun 2024 mendapatkan jayanti. “Secara umum saya lihat penampilan ini sangat bagus, kekompakan sudah dan tolong kepada adik-adik Sekaa Santhi bersama Sekaa Gong penampilannya agar tetap dijaga sampai saat penampilan di PKB yang akan datang. Ingat jaga kondisi sehingga pada saat tampil nanti benar-benar menunjukkan performa dan suara yang terbaik, tunjukkan kemampuan, tunjukkan semangat, kepercayaan serta tanggung jawab yang diberikan untuk mewakili Kabupaten Badung, mendapatkan jayanthi, semoga dengan harapan kita bersama Sebagai Nak Badung Harus Menjadi Juara,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan PKB ini merupakan kegiatan ajang lomba/kompetisi di bidang adat, seni dan budaya, untuk itu pemerintah selalu berkomitmen, mendukung kegiatan adat, seni dan budaya, karena ini merupakan bagian dari pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Badung serta juga sebagai upaya pelestarian budaya Bali dan ini merupakan aset penting dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Badung, dimana pariwisata tidak terlepas dari peranan seni, adat dan budaya. “Maka dari itu harus kita jaga dengan baik. Kami selaku pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan-kegiatan adat, seni dan budaya seperti ini, tidak hanya memperkuat kebanggaan masyarakat Bali, tetapi juga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Badung khususnya dan Bali pada umumnya,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Panitia I Made Gede Wira Sucipta menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran Bapak Sekda Badung bersama undangan lainnya dimana kami Sanggar Seni Tepi Siring Duta Kabupaten Badung pada Pesta Kesenian Bali XLVI akan menampilkan Wimbakara Taman Penasar. “Untuk persiapan mewakili Duta Kabupaten Badung kami sudah melakukan latihan dari bulan maret hingga saat ini dan dengan jumlah penabuh 15 orang dan jumlah penembang/penyayi sebanyak 7 orang. Adapun Tema dari Taman Penasar Tahun ini adalah “Suluh Nika Praba” yang merupakan gagasan ide dari pembina kita Bapak I Nyoman Wija Widastra dengan pendamping I Putu Raka Wijana juga iringan yang dibina oleh I Wayan Wiriyadi/Yan Kiyung serta dalam kami melakukan latihan selalu didukung oleh Pembina, Orang Tua dan Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Kebudayaan baik secara moral maupun material. Kami selaku panitia mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan kepada kami untuk mendukung kegiatan yang kami lakukan dalam penampilan sebagai Duta Kabupaten Badung di PKB XLVI Tahun 2024,” jelasnya. hb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *