Bali Jagaditha 2024 Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lewat Promosi Perdagangan Pariwsata dan Investasi

KataBali.com- Denpasar-Ekonomi Bali triwulan pertama tahun 2024 tumbuh sebesar 5,98% (yoy), lebih tinggi dari triwulan sebelumnya sebesar 5,86% (yoy) dan lebih tinggi dari nasional sebesar 5,11% (yoy). Kondisi ini menjadikan Bali berada di peringkat keenam pertumbuhan ekonomi tertinggi di seluruh Indonesia.

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Bali yang kuat, berkelanjutan, dan inklusif, Bank Indonesia mendukung program transformasi ekonomi Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” mendorong pembangunan sektor-sektor unggulan selain pariwisata sebagai sektor- unggulan membutuhkan pembiayaan investasi tidak dapat mengandalkan APBN dan APBD semata. Sesuai kajian Bappenas tahun 2021, dibutuhkan pembiayaan investasi secara kumulatif sebesar lebih dari 8000 triliun selama 2022–2045.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Diah Utari menjelaskan, Untuk Bank Indonesia berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Bali akan menyelenggarakan Strategic Flagship Event bertajuk Bali Jagadhita 2024, yang event tahunan digelar BI bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bali sejak tahun 2020, bertujuan mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI). Bali Jagaditha Kelima tahun 2024 ini, tidak hanya promosi perdagangan melalui pameran UMKM, juga melibatkan promosi terintegrasi mencakup perdagangan, pariwisata, dan investasi.

Mengusung tema “Guna Gina Wisata Bali Hita”, Bali Jagadhita 2024 bertujuan mendorong pemberdayaan UMKM, investasi berkelanjutan, dan pariwisata berkualitas untuk pertumbuhan ekonomi Bali yang kuat, berkelanjutan, dan inklusif. Event tahun juga menghadirkan pelaku ekonomi dari Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Opening ceremony Bali Jagadhita dilaksanakan 10 Juni 2024 di The Meru Sanur.

Rangkaian kegiatan Bali Jagadhita meliputi : Promosi investasi yang akan menghadirkan proyek-proyek ready to offer milik Pemerintah Daerah untuk dilakukan business matching dan one on one meeting dengan investor potensial. Selain proyek ready to offer juga terdapat showcasing proyek investasi dan aset potensial berupa lahan milik Pemerintah Daerah. Kegiatan promosi investasi juga menyediakan fasilitasi site visit ke salah satu proyek strategis di Bali.

Promosi perdagangan akan difokuskan di The Living World Mall pada tanggal 11-13 Juni 2024 dan diikuti oleh sekitar 70 UMKM dari Balinusra. Rangkaian kegiatan promosi perdagangan akan mencakup business matching, talkshow, dan workshop UMKM, pasar murah, aneka lomba, dan hiburan, serta fashion show. Melalui promosi perdagangan ini, diharapkan dapat memperluas akses pemasaran UMKM Balinusra ke pasar domestik dan global.

Dalam agenda promosi pariwisata, BI Bali berkolaborasi dengan Bali Beyond Travel Fair (BBTF) oleh ASITA tanggal 12-14 Juni 2024 BICC)Nusa Dua. Promosi difokuskan desa wisata memiliki keunggulan karena mengangkat kebudayaan lokal,melibatkan seller dan buyer dari sekitar 51 negara, BBTF diharapkan meningkatkan eksposur desa wisata kepada pelaku usaha internasional mendukung pariwisata Bali yang berkualitas dan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

Bank Indonesia juga berkolaborasi untuk menghadirkan layanan publik yakni: i) layanan pengurusan NIB dari Pemerintah Provinsi Bali, ii) layanan administrasi hukum, kekayaan intelektual, dan imigrasi dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM, serta iii) sistem layanan informasi keuangan dari OJK. nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *