Bali Jagadhita 2024, Hasilkan 527 Juta Transaksi UMKM ,13 Project Ready to Offer dan MoU Promosi Desa Wisata Lewat Travel Agent

KataBali.com- Denpasar- Bali Jagadhita V Tahun 2024, ajang promosi terintegrasi mencakup perdagangan, pariwisata dan investasi, berakhis Kamis (14/6 ) bertujuan mendorong pemberdayaan UMKM, investasi berkelanjutan, dan pariwisata berkualitas tema “Guna Gina Wisata Bali Hita”. mencatat total transaksi penjualan UMKM lebih dari 527 juta rupiah. Selain itu, 33 investor menunjukkan ketertarikan serius melakukan one on one meeting membahas 13 proyek yang ditawarkan, serta terbentuknya komitmen antara tiga desa wisata dan Asosiasi Agen Perjalanan Indonesia (ASITA) mengangkat potensi pariwisata desa dan memperkenalkan keunikan budaya Bali kepada wisatawan domestik dan internasional.

Bali Jagadhita 2024 dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P. Joewono, dan Penjabat Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya bukti kuatnya sinergi antar pemangku kepentingan. Selain itu,hadir Duta Besar Polandia Beata Stoczyńska dan Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Marthini, menegaskan tingginya perhatian internasional terhadap potensi Bali dan Nusa Tenggara. Dalam Investment Talk bertema”Promoting Investment for Sustainable Economic Growth” juga menyoroti keunggulan Bali menarik investasi, termasuk kualitas SDM kompetitif dan infrastruktur memadai.

Event promosi investasi dilakukan pertemuan (one on one meeting) antara calon investor dengan pemilik proyek berkualitas dan lahan potensial di Bali dan Nusa Tenggara telah lolos kurasi dan siap ditawarkan kepada investor (ready to offer). Investor menunjukkan minat besar di bidang kesehatan, energi, kawasan industri, dan transportasi.Investor mengunjungi (site visit) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur, dipuji terobosan pengembangan pusat layanan kesehatan dan pariwisata terpadu berstandar internasional pertama di Indonesia. KEK, Kesehatan Sanur diprediksi bisa menarik dua juta penduduk Indonesia yang biasa berobat ke luar negeri, dan dapat menghemat devisa negara sekitar 9 triliun rupiah.

Untuk promosi perdagangan di Living World Mall Denpasar melibatkan 54 UMKM binaan dari Bali, 5 dari Nusa Tenggara Barat, dan 5 dari Nusa Tenggara Timur berbagai sektor yaitu makanan dan minuman, kriya, fesyen, dan kopi juga ada pasar murah bahan pangan penyumbang inflasi bekerjasama dengan Paiketan Perumda Pangan Bali. Selama pameran UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia berhasil mencatatkan penjualan lebih dari 527 juta rupiah terdiri dari 166 juta rupiah transaksi offline dan 361 juta rupiah transaksi online. Selama event ini, Bank Indonesia menggandeng instansi dan lembaga terkait membuka layanan publik.

Juga digelar layanan publik antara lain pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui Online Single Submission (OSS) oleh Pemerintah Provinsi Bali; layanan administrasi hukum umum, kekayaan intelektual, dan imigrasi oleh Kemenkum HAM; layanan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) oleh OJK; pameran promosi penerbangan oleh Garuda Indonesia; pameran produk perbankan; serta edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah dan QRIS oleh Bank Indonesia.Rangkaian kegiatan ada business matching perbankan, talk show dan workshop, fashion show melibatkan desainer lokal dan nasional.

Untuk promosi pariwisata, Bank Indonesia berkolaborasi dengan ASITA Bali menggelar Bali Beyond Travel Fair (BBTF) ke-10 dari tgl 12-14 Juni 2024 untuk mempercepat pemulihan ekonomi Bali pasca pandemi COVID-19.Bank Indonesia mempromosikan enam desa wisata binaan yaitu Taro, Penglipuran, Pemuteran, Sudaji, Tampaksiring, dan Duda. Promosi ini diharapkan meningkatkan exposure desa wisata ke pelaku industri pariwisata internasional dihadiri 370 buyer dari 45 negara dan 282 seller dari 8 negara. Desa wisata binaan Bank Indonesia telah melakukan business matching dengan 40 travel agent, baik lokal maupun internasional. Bali Jagadhita V Tahun 2024.:Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Prov.Bali turut meramaikan dihadiri Ketua Umum Tim Penggerak PKK Nasional, Ny. Sri Suswati Tito Karnavian dan Ketua Tim Penggerak PKK Bali, Ny. drg. Ida Mahendra Jaya. nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *