Andalkan Kolaborasi Komunitas dan IDX Mobile Investor Pasar Modal Tembus 13 Juta

KataBali.com- Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat jumlah investor pasar modal Indonesia melampaui 13 juta single investor identification (SID) dengan pertumbuhan lebih dari 863 ribu SID baru di sepanjang tahun 2024. Sementara itu jumlah investor saham Indonesia mencapai 5,7 juta SID. Berbagai kegiatan edukasi dan promosi yang dilakukan oleh BEI bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bekerja sama dengan berbagai komunitas, hingga pengenalan aplikasi IDX Mobile sebagai referensi berinvestasi pendorong signifikan pertumbuhan jumlah investor Pasar Modal Indonesia.

 Dari Januari hingga Mei 2024, terdapat 6.211 kegiatan edukasi pasar modal  diikuti  lebih dari 5,8 juta peserta  se Indonesia. Masifnya kegiatan ini merupakan hasil sinergi dan kolaborasi BEI bersama OJK, Self-Regulatory Organization (SRO), Anggota Bursa, Perusahaan Tercatat, Manajer Investasi, komunitas pasar modal, sekaligus stakeholders lainnya, termasuk Galeri Investasi BEI yang per 20 Juni 2024 telah berjumlah 904 Galeri Investasi BEI.

Beberapa kegiatan edukasi dan promosi berkolaborasi bersama  OJK  Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) serta Komunitas Bundaku (Ibu Anak Keluarga) Cakap Keuangan.  juga  berkolaborasi dengan komunitas  Pokemon, ASKI (Asosiasi Seni Beladiri Karate Indonesia), Puteri Indonesia, hingga  Timnas Indonesia U-20 dan PSSI. 

Selain itu, Program Duta Pasar Modal menyumbang pertumbuhan jumlah investor baru saham dan pasar modal Indonesia. Program bertujuan meningkatkan partisipasi dan kontribusi masyarakat Indonesia  meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dan pasar modal. Sejak  diluncurkan  15 Februari 2023 hingga saat ini, sebanyak 2,9 juta peserta teredukasi melalui 5.460  melibatkan 2.881 Duta Pasar Modal. 

Sosialisasi dan edukasi melalui kegiatan Sekolah Pasar Modal didukung Anggota Bursa dan Manajer Investasi, melalui kerja sama pendirian Galeri Investasi BEI. Selain itu dilakukan, kompetisi olahraga seperti Chess Competition bersama IDX Channel, dan pengenalan pasar modal melalui IDX Mobile. Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik, berharapan masyarakat luas dan calon investor bisa memahami informasi serta mekanisme perdagangan sekaligus meningkatkan literasi akan pasar modal. “Masyarakat dan calon investor diharapkan mendapatkan pemahaman cukup baik, dan ketika menjadi investor bisa mengambil keputusan investasi secara rasional. Tentunya didasari data dan informasi akurat serta diandalkan melalui berbagai fasilitas BEI seperti IDX Mobile dan Website” ujar Jeffrey pada Selasa (25/6). Building, Tower I, 6 21onCall Center: 150515 (Do Only)
“Saat ini, dari 5,7 juta investor saham, sebagian besar sudah memiliki aplikasi online trading. Tentu saja aplikasi memiliki kelengkapan dan kompleksitas masing-masing, mungkin ada yang kompleks tapi ada juga yang masih dasar, sehingga investor butuh informasi tambahan dengan mengunduh IDX Mobile,” kata Jeffrey.
Hingga 31 Mei 2024, jumlah pengguna IDX Mobile telah mencapai ini 154.883, naik sebesar 47% sejak 31 Desember 2023. Sejak awal tahun, rata-rata jumlah pengguna yang dihasilkan setiap hari mencapai 306 pengguna. nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *