Mencetak Buku Mudah dan Murah Sosialisasi Rajawali Pers ke Unud

KataBali – Badung – Berlokasi di kampus bukit Jimbaran, Universitas Udayana menghadirkan penerbit nasional RajaGrafindo atau popular dengan merk dagang Rajawali Pers, dalam workshop bertema “Launching dan Sosialisasi Pedoman Dan Petunjuk Teknis MBKM Membangun Desa KKN-T , Hibah Penelitian/ Riset Kampus Merdeka, dan Hibah Penulisan Buku”. Workshop ini sendiri merupakan rangkaian dengan berbagai Pedoman terkait Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Udayana. Acara berlangsung pada tanggal 20 april 2022, dari pukul 09.00 hingga 16.00 Wita dengan terdiri 6 agenda atau sesi, diawali oleh pembukaan Rektor Universitas Udayana dan dilanjutkan oleh pemrakarsa acara yakni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana, acara sendiri lebih banyak dipandu dan di isi oleh ketua LPPM Universitas Udayana yakni Profesor Dr. drh. I Nyoman Suarsana, MSi. Hadir dosen di lingkungan Universitas Udayana sebanyak 40 orang dalam acara sosialisasi tersebut.

Dalam sambutannya , Prof Suarsana ingin memberikan pemahaman dan pengetahuan perihal Tips menerbitkan naskah buku untuk buku ajar/teks di perguruan tinggi. Hadirnya RajaGrafindo selaku penerbit nasional agar memberikan pemahaman dan pilihan bagi dosen apabila ingin menceak naskah dan karya dosen untuk menjadi buku ajar. Gayung bersambut, Arianto selaku Kepala Bali Nusra Rajagrafindo hadir memberikan sosialisasi perihal konsep dan teknis menerbitkan buku skala nasional. Sebagai penerbit yang sudah hampir 40 tahun lebih berdiri dan acapkali berkolaborasi menerbitkan karya dan naskah dari pelbagai perguruan tinggi maupun lembaga di seluruh Indonesia.

Antusiasme dosen terlihat ketika mereka mengikuti dan coba memberikan pertanyan dalam sesi tanya jawab, Yuda dosen Fakultas Kelautan dan Perikanan bertanya kepada narsum perihal harga produksi termurah di RajaGrafindo berkisar di nominal berapa ya ?ujarnya. Arianto selaku narsum dari Rajagrafindo memberikan pemahaman nominal minimum cetak yakni berkisar 100 eks dengan nominal harga 8 juta an, dengan jumlah halaman 200 halaman disetiap exemplarnya. Dilanjut oleh peserta lainnya Prof Yuni akademisi dari Fakultas Kedokteran Hewan, coba ingin melakukan korespodensi alamat kantor , email dan WA apabila ingin mengirim naskah ditujukan kemana? Arianto atau familiar disebut anto dengan lugas menjawab , silahkan aja datang langsung ke kantor representative perwakilan bali berlokasi di jl. Imam bonjol gang. 100/v no.2 Denpasar Barat, namun apabila ingin lebih detail dan intensif biar staf sales RajaGrafindo yang akan menjemput naskahnya ke kampus yang bersangkutan.

Acara sendiri ditutup dengan pemberian dorprize, setiap peserta yang hadir mendapatkan buku-buku terbitan Rajawali Pers, bahkan beberapa dosen mendaptkan lebih 1 exsemplar karena mengajar di beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan buku buku terbitan rajawali pers yang saat itu diberikan secara cuma-Cuma .Anto dalam closing statemennya, berharap selaku almamater Universitas Udayana jurusan Antropologi UNUD, secara kelembagaan LPPM Unud dan RajaGrafindo bisa menjembatani dan sekaligus memprakarsai kerjasama penerbitan naskah/buku buku karya dosen UNUD  via rajawali pers, tutupnya.

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *