Saat KNPI Audiensi, Bupati Eka Tekankan Tiga Hal Ini

 KataBali.com – Pemberdayaan kaum muda rupanya mendapatkan fokus perhatian dari Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Karena itu, Bupati Eka mendukung program pengembangan kapasitas, kepemimpinan, serta kewirausahaan yang dicanangkan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tabanan.

Hal itu terungkap saat pengurus KNPI Tabanan yang baru beraudiensi dengan Bupati Eka pada Senin (20/11). Dalam audiensi itu, kebetulan pengurus KNPI yang baru saja dilantik pada Juli 2017 lalu itu memaparkan sejumlah agenda kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2018 mendatang. Termasuk, kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun ini.

“Pengembangan karakter itu penting buat anak-anak dan remaja sekarang. Selain itu, melatih jiwa kewirausahaan itu juga penting buat mereka agar menjadi pribadi yang mandiri,” ujar Bupati Eka usai mendengar paparan pengurus KNPI Tabanan yang kini dipimpin oleh Ni Made Trisna Dewi.

Dikatakan, pengembangan karakter itu diperlukan karena pada tataran remaja seorang individu sedang berada pada proses pencarian jati diri. Begitu halnya dengan pentingnya melatih jiwa kewirausahaan karena akan berguna untuk membentuk pribadi yang mandiri.

“Bahkan bila perlu menjadi wirausaha yang melek teknologi. Karena kehidupan sekarang ini sepertinya sudah tidak bisa lepas dari yang namanya IT. Termasuk di bidang bisnis atau usaha. Ke depan, dengan lahirnya para wirausahawan muda, kita bisa mengajak jalan bersama BUMDA,” imbuhnya.

Dan, sambung dia, yang tidak kalah pentingnya adalah sosialisasi mengenai bahaya HIV/AIDS, seks bebas, serta penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

“Tiga hal itu penting untuk disampaikan ke anak-anak muda zaman sekarang karena daya rusak terhadap masa depan begitu besar. Belum lagi narkoba peredarannya sudah merambah ke desa-desa dan menyasar anak-anak di usia produktif,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua KNPI Tabanan Ni Made Trisna Dewi mengungkapkan bahwa tujuan jajarannya beraudiensi sebagai bagian pengenalan diri pasca pelantikan pada Juli 2017 lalu. Tatap muka ini juga untuk menginformasikan apa saja kegiatan yang sudah dilaksanakan jajarannya selama tahun ini.

“Termasuk program-program yang akan dilaksanakan pada 2018 nanti. Dari kita, program yang akan dilaksanakan adalah pengembangan karakter, pendidikan kewirausahaan, dan kepemimpinan. Sasaran dari program ini adalah anak-anak muda di lingkup STT maupun pelajar SMA/SMK. Tujuannnya tiada lain untuk mengaktualisasikan kapasitas maupun potensi diri yang mereka miliki. Sebab kecenderungannya belakangan ini, anak-anak muda kita bingung menentukan arah. Mau ke mana dan akan menjadi apa. Dengan program ini kita berharap bisa memberikan wawasan kepada mereka,” pungkas Trisna Dewi.

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *