Pataka,panji-panji dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai Tiba Di Klungkung

KataBali.com – Setelah sebelumnya pataka, panji-panji dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai diarak keliling di kabupaten Karangasem, kini giliran Kabupaten Klungkung yang menerima pataka, panji-panji dan surat sakti tersebut dari Kabupaten Karangasem. Serah terima Pataka, Panji-panji dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai dilaksanakan di Lapangan Puputan Klungkung, senin (14/11) kemarin. Penyerahan tersebut diterima  Sekda  Klungkung I  Gede Putu Winastra yang sekaligus menjadi inspektur upacara, dan disaksikan langsung oleh Perwakilan FKPD dan SKPD dilingkungan Pemkab Klungkung dan Pemkab Karangasem, serta para veteran/pejuang.

Upacara diawali dengan pembacaan surat Kapten J.B.T Konig dan surat Pimpinan Dewan Perjuangan Bali I Gusti Ngurah Rai (surat sakti) dilanjutkan dengan serah terima pataka, panji-panji dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai oleh pembawa dari kabupaten Karangasem dan diterima oleh pembawa dari kabupaten Klungkung.
Selesai upacara penyerahan pataka, panji-panji dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai, dilanjutkan dengan pelepasan pataka tersebut oleh Sekda Klungkung di depan Puri Agung Klungkung. Pataka tersebut akan diarak mengelilingi Kabupaten Klungkung. Adapun rute yang akan dilalui oleh pataka tersebut, berawal dari Depan Monumen menuju tugu pahlawan di gelgel- menuju arah barat perempatan Lepang kearah utara menuju Tugu Banjarangkan-kembali menuju arah Dusun Banda –Tihingan-Pegending- Kota –lanjut kearah timur menuju sampalan- Dawan kelod-terakhir di Banjar Pangi Desa Pikat.
Seusai diarak pataka, panji-panji dan surat sakti tersebut akan disemayamkan di Balai Banjar Pangi, Desa Pikat Saat disemayamkan, disana juga akan diisi dengan acara sarahsehan yang bertemakan “nilai-nilai kepahlawanan”. Keesokan harinya, pataka,panji-panji dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai akan diserahkan ke Kabupaten Bangli. ( JCHKlk ).

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *