Tingkatkan Minat Baca, McDonal’s Ajak Orang Tua Membaca Bersama Anak

KataBali.com – Denpasar, Antusiasme dan kepedulian McDonald’s pada pendidikan anak tertuang melalui rangkaian kegiatan Program Happy Meal Readers 2019 ini. Pada rangkaian kegiatan ini, Mc.Donal’s ingin mengingatkan peran penting orang tua dalam memberikan pengetahuan akan pentingnya membaca buku pada anak sejak dini dan mempererat hubungan orang tua dan anak dengan mendongengkan sebuah cerita atau membaca bersama anak

Sutji Lantyka, Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia, kepada media Sabtu ( 11/5) disela acara Happy Reader Fun Day, bersama ratusan anak dan orang tua,di Nusa Dua,   mengatakan, Melalui program ini McDonald’s Indonesia ingin mendorong keluarga  menghabiskan lebih banyak waktu bersama dan mendorong orang tua untuk menikmati waktu berkualitas bersama anak-anak mereka melalui membaca, “ Kami berharap program ini akan menanamkan kecintaan membaca di antara anak-anak seumur hidup mereka dengan menjadikan membaca sebagai kegiatan yang menyenangkan bagi seluruh keluarga,”kata Sutji.

Dalam rangkaian acara tersebut, McDonald’s turut mengundang dua narasumber, berkompeten dalam dunia anak-anak. Mereka adalah Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., seorang psikolog anak dan keluarga dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia, membagikan fakta menarik tentang manfaat membaca sejak usia dini, serta Gery Puraatmadja, sering dipanggil Paman Gery, seorang pedongeng terkenal, yang  berbagi mengenai manfaat serta tips dan trik mendongeng kepada anak dalam acara Happy Readers Fun Day, berlansung selain di Bali,juga di kota besar lainnya, setelah Idul Fitri. 

 “Anak-anak usia dini memiliki memori yang kuat dan sedang berada dalam tahap pembentukan karakter. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk membiasakan membaca kepada anak-anak mereka. Dengan membaca, anak-anak akan terstimulasi kreativitasnya. Nantinya hal tersebut juga mempengaruhi kognitif pada anak,” ujar Anna Surti Ariani.

 Paman Gery,mengatakan Selain mengembangkan kreativitas, mendongeng mampu mengembangkan daya imajinasi, kosakata anak, serta mempererat hubungan antara anak dan orang tua. Perkembangan sosial dan emosional anak juga akan menjadi lebih baik apabila orang tua berperan secara langsung dalam pengembangan edukasi anak antara lain melalui mendongengkan kisah-kisah terbaik dari buku cerita.

Selain itu,dengan semangat membantu mencerdaskan anak Indonesia melalui membaca, McDonald’s Indonesia menyiapkan kotak-kotak Happy Meal Readers Book di seluruh gerai McDonald’s di Indonesia. Melalui Happy Meal Readers Book Box ini McDonald’s Indonesia mengajak konsumen untuk secara langsung mendukung perkembangan dunia pendidikan di Indonesia dengan mendonasikan buku-buku anak-anak dan remaja yang masih layak baca.

Buku yang dapat didonasikan, buku komik untuk anak/remaja, buku cerita anak/remaja serta buku pengetahuan dan ensiklopedia untuk anak/remaja. Kotak-kotak ini akan tersedia di gerai-gerai McDonald’s mulai 20 April 2019 hingga 20 Mei 2019, dan nantinya buku-buku yang terkumpul akan didistribusikan kepada anak-anak Indonesia yang kurang beruntung. Selain mengajak konsumen mendonasikan buku, McDonald’s Indonesia juga menyumbangkan 210.000 buku anak-anak untuk program Happy Meal Book Box.

Pada program Happy Meal Readers Book Box ini, McDonald’s menggandeng Buku Berkaki, sebuah komunitas yang membuka akses jendela informasi dunia melalui buku bagi anak-anak kurang beruntung serta meningkatkan minat baca mereka. Buku Berkaki setiap bulannya memiliki agenda kunjungan ke panti-panti asuhan maupun rumah singgah yang membutuhkan bantuan buku, mengajak membaca bersama, menulis cerita serta mendongeng.

 Program Happy Meal Readers ini, McDonald’s bermitra dengan Cressida Cowell, penulis buku cerita anak terkenal di dunia yang menerbitkan serial buku laris How to Train Your Dragon, untuk meluncurkan seri buku berjudul Treetop Twins Adventures(Petualangan Si Kembar Treetop). Seri buku yang dibuat eksklusif untuk McDonald’s ini akan menampilkan 12 cerita, dengan dua judul buku yang dirilis setiap dua bulan hingga Februari 2020. Khusus untuk pasar Indonesia, buku-buku ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Buku-buku tersebut bisa diperoleh  dengan membeli Paket Happy Meal dari McDonald’s dan dua judul buku pertama dari seri Petualangan Si Kembar Treetop ini, yaitu Si Kembar Bertemu T-Rex dan Si Kembar Menemukan Diplodocus sudah tersedia di semua restoran McDonald’s di Indonesia mulai 12 April 2019.

 “Kami berharap program Happy Meal Readers ini akan membantu mengembangkan budaya membaca di Indonesia, selain juga sebagai bentuk komitmen McDonald’s Indonesia untuk mendukung upaya perusahaan dalam menyatukan dan semakin mempererat hubungan keluarga,” ujar Caroline Kurniadjaja,  Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia.

Lebih dari 400 juta buku telah didistribusikan, McDonald’s di seluruh dunia melalui Happy Meal, dimulai dengan Swedia menawarkan Happy Meal Book untuk anak-anak sejak tahun 2001. Program Happy Meal Readers ini merupakan salah satu cara McDonald’s secara global menggunakan skala untuk kebaikan (scale for good) untuk menginspirasi hasrat membacapada anak di seluruh dunia dan lebih mendekatkan keluarga. ( nani )

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *