Terima Dubes Taiwan, Koster Harap Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan

KataBali.com – Denpasar –  Hubungan antara Pemerintah Indonesia dengan Taiwan selama ini telah berjalan dengan baik. Berbagai kerja sama juga telah terlaksana antara kedua negara, mulai dari bidang pendidikan hingga pertanian. Untuk itu, hubungan yang baik ini diharapkan bisa terus ditingkatkan, khususnya antara Taiwan dengan Pemerintah Provinsi Bali.

Hal itu disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster saat menerima kunjungan Duta Besar Taiwan, Mr Jhon C Chen, di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha, Denpasar, Jumat (24/5) sore.


Duta Besar Taiwan, Mr Jhon C Chen pada kesempatan itu mengucapkan selamat atas berlangsungnya Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia dengan baik. Chen menceritakan, selama ini warga Taiwan cukup banyak yang berkunjung ke Bali dan merasa senang. Tak hanya itu, warga Indonesia juga saat ini banyak yang bekerja dan menjalani pendidikan di Taiwan. Menurutnya, hal ini karena hubungan Taiwan dengan Indonesia terjalin sangat baik.


“Pertama Saya ingin mengucapkan selamat atas pelaksanaan Pemilu yang telah berjalan dengan baik. Dengan demikian warga kami akan merasa aman untuk terus berkunjung ke Indonesia khususnya Bali. Warga kami cukup banyak yang berlibur ke Bali. Warga Indonesia di Taiwan juga banyak. Ada yang bekerja, ada juga yang pendidikan di sana. Tentu hubungan yang baik ini harus terus kita jaga,” ujar Chen.


Terkait kerja sama, dicontohkan Chen, ada seorang warga Bali yang mengalami kesusahan. Setelah ia ikut pelatihan Project One Product One Village (OVOP) Bali dalam bidang budidaya asparagus, sekarang pendapatannya lebih stabil dan mendapat banyak pujian dari masyarakat sekitar.


“Kami berharap kerja sama antara Taiwan dan Indonesia khususnya Bali bisa saling menguntungkan dan saling memakmurkan. Selama ini, Taiwan secara aktif meningkatkan kerja sama dengan Indonesia, memperdalam hubungan bilateral antara Taiwan dan Indonesia, dan memperat hubungan antarmasyarakatnya juga,” jelas Chen.


Lebih lanjut dikatakan Chen, guna terus meningkatkan kerja sama antara Taiwan dengan Pemerintah Provinsi Bali, ia mengundang Gubernur Koster beserta Ny Putri Koster untuk berkunjung ke Taiwan guna melihat berbagai hal yang mungkin nantinya bisa dikerjasamakan di kemudian hari. Secara khusus, Chen berharap agar Gubernur Koster bisa hadir pada Sabtu (24/5), guna menghadiri acara pertemuan pengusaha asal Taiwan di Indonesia untuk lebih mempererat hubungan Bali dan Taiwan.


“Saya mengundang pak Gubernur beserta Ibu untuk berkunjung ke Taiwan. Nanti bisa lihat hal apa saja yang memungkinkan untuk kita jalin kerja sama. Besok akan ada pertemuan antar-pengusaha asal Taiwan yang ada di Indonesia. Saya berharap Pak Gubernur bisa menghadiri acara tersebut. Untuk semakin mempererat hubungan Bali dan Taiwan,” katanya.


Menanggapi hal tersebut, Gubernur Koster menyampaikan rasa terima kasih atas undangan yang diberikan. Koster mengatakan jika ada banyak hal bisa dilakukan kerja sama antara Bali dengan Taiwan. Menurut Koster, Pemerintah Privinsi Bali melalui program Nangun Sat Kerthi Loka Bali saat ini tengah menata fundamental pembangunan Bali secara menyeluruh.

Beberapa bidang yang menjadi prioritas di antaranya pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, jaminan sosial, ketenagakerjaan, adat, agama, tradisi dan budaya serta bidang pariwisata. Ia berharap beberapa bidang prioritas tersebut bisa dilakukan kerja sama.


“Saat ini kita tengah menata fundamental pembangunan Bali secara menyeluruh, ada beberapa bidang yang menjadi program prioritas kami. Mungkin nanti program tersebut bisa kita jalin kerja samanya. Mungkin nanti kita bisa jalin kerja sama perdagangan. Kita tahu Bali banyak buah unggulannya, nanti bisa kita bicarakan lebih lanjut. Yang pasti, kerja sama yang selama ini telah terjalin diharap bisa terus ditingkatkan,” ujar Koster yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Bali ini.


Selain itu, Koster juga berharap berharap agar kunjungan wisatawan Taiwan ke Bali bisa terus meningkat setiap tahunnya.(*)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *