Miliki Kualitas Bagus, Beras Tabanan Laris Manis di Toko Modern Berjejaring hingga Mendunia

KataBali.com – Tabanan – Setelah Kopi, semenjak mendapatkan sertifikat Pangan Segar Asal Tanaman (PSAT), varian Beras Sehat Wangi Mentik Susu, Beras Merah Cendana dan Beras Hitam, dengan brand Pertiwi Bali produk BUMDa Kabupaten Tabanan, kembali diminati Toko modern berjejaring di Bali bahkan akan mendunia dengan Go Digital.

Sebanyak masing-masing 173 box (1038 pcs) Beras Sehat Wangi Mentik Susu, Beras Merah Cendana dan Beras Hitam, dipesan perdana oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, melalui Purchase Order (PO) yang akan disebar di outlet toko berjejaringnya, yakni pada 217 outlet Alfamart yang tersebar di seluruh Bali.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui BUMDa PD. Dharma Shantika juga akan mengajukan produk miliknya ke toko berjejaring lainnya yang ada di Bali. Sehingga produk-produk milik PDDS yang bekerjasama dengan BUMDes yang ada di Tabanan bisa dipasarkan dengan maksimal, dan berefek positif terhadap kesejahteraan Petani di Tabanan.

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti memyambut baik hal tersebut, mengingat Pemkab Tabanan sedang gencar-gencarnya membangun ekonomi kerakyatan baik dalam hal pemberdayaan UMKM maupun perlindungan terhadap petani agar petani memiliki ketahanan ekonomi menuju kesejahteraan menyongsong era globalisasi.

Berbagai kebijakan pro rakyat pula telah digalakan. Mulai dari program –program inovatif yang berujung untuk mensejahterakan masyarakat Tabanan. Misal melalui pemasaran melalui digital Uniknya juga, mendengar keberhasilan BUMDes, banyak menarik minat daerah luar yang justru ingin belajar tentang BUMDes yang dimilki Kabupaten Tabanan. Dan setidaknya ada kebanggaan tersendiri bagi Tabanan.

“Intinya Tabanan fokus dalam market digital, dalam artian menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Beras Tabanan akan mendunia dan GO Digital. Dan tentunya itu terwujud harus melalui kerjasama yang intens dari pihak terkait” tambah Bupati Eka, Rabu, (10/4) sore di sel-sela kegiatan.

Dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Tabanan agar mencintai produk-produk yang berasal dari Petani dan UMKM Tabanan, karena kualitas produk dari Petani dan UMKM Tabanan tidak kalah saing dengan produk serupa lainnya yang lebih dulu exist.

“Dan Saya tegaskan cintailah produk-produk dari Petani dan UMKM kita di Tabanan dengan cara membeli produk tersebut di toko berjejaring yang telah tersedia. Sebagai masyarakat Tabanan kita haraus berani membeli, bahkan ikut memasarkan produk-produk dari BUMDes kita, sebagai wujud cinta kita terhadap Tabanan,” cetus Bupati Eka.

Putu Sugi Darmawan selaku Direktur PD. Dharma Santhika menambahkan berbagai upaya telah dilakukan oleh pihaknya, termasuk menggunakan sistem digital di dalam pemasaran produk, mulai dari basis data menggunakan digital serta aktif di Media Sosial. Dijelaskan juga beras wangi Mentik Susu diambil dari Subak Timbul atau BUMDes Desa Gadung Sari, Seltim. Beras Merah Cendana dipasok dari BUMDes Babahan & BUMDes Mengesta, Penebel serta Beras Hitam dari BUMDes Tajen dan Jatiluwih, Penebel,

“Kiat kita adalah promosi lewat media sosial seperti instagram, facebook dan website yang kita miliki. Setiap aktivitas yang ada di PDDS kita share lewat medsos, termasuk aktivitas pemasaran, pengambilan produk ke BUMDes, petani dan UMKM Tabanan. Dan bagi yang berminat bergabung di dalam pemasaran atau pengajuan produk bisa kunjungi Website atau media sosial kami,” tambahnya.(hmt)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *