Bali Sakura Matsuri 2019 “ Japanese Fashion dan Pop Culture “ Berlangsung 2-3 Februari

KataBali.com –  Kuta, Mengusung tema “Japanese Fashion dan Pop Culture”  kembali menggandeng Sakura Collection dan untuk kali ini special  pertama kalinya ICGP (Indonesia Cosplay Grandprix) diadakan di Bali   di hari kedua Bali Sakura Matsuri, diselenggarakan Api Magazine didukung  pemerintah Provinsi Bali dan konsulat jenderal Jepang di Denpasar.

Acara ini bertujuan sebagai wadah generasi-generasi muda Indonesia untuk berkarya dan menunjukkan hasil karnyanya di panggung Bali Sakura Matsuri 2019 mempererat hubungan diantara kedua negara.

Mengawali tahun 2019 ini, dengan diselenggarakan acara ini,Ketua Panitia Mulys Megumi Maeda berharap, akan berdampak positif bagi pariwisata Bali dan memperkenalkan Bali kepada pihak-pihak yang turut serta berpartisipasi pada event ini yang berasal dari luar Bali. Gelaran program acara utama dari Bali Sakura Matsuri 2018 diantaranya, Grand Prix Final Sakura Collection Asia Students Awards di Indonesia 2018-2019.

Ada juga Indonesia Cosplay Grandprix Bali, CLAS:H (Single Cosplay Contest) Bali, Pertunjukan Wadaiko oleh Wadaiko Benteng berkolaborasi dengan Mr. Kobayashi dari BONTEN the Japanese Drum Team, Lomba Fashion Show Anak bertemakan Japanese Harajuku dengan kategori A: usia 4-7 tahun dan kategori B: usia 8-12 tahun, peragaan busana, pertunjukan tarian Bali dan Jepang, workshop, bazar makanan, dan aksi panggung lainnya yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Tersedia berbagai booth makanan khas Jepang dan juga booth pernak-pernik menarik.

“Tamu yang bakal dari VIP diantaranya Consul-General Jepang di Denpasar, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, dan Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Badung. Dengan target sepuluh ribu pengunjung, selama dua hari penyelenggaraan acara ini, besar harapan kami acara ini dapat berjalan secara berkesinambungan dan menjadi ajang memperkuat pondasi hubungan antara Indonesia dan Jepang, “ jelas Ladycia Sundayra, Api Magazine.

 

Namun yang paling menarik hadirnya 234 peserta desainer muda dalam  SAKURA COLLECTION ASIA STUDENTS AWARDS di INDONESIA 2017-2018 – Grand Prix Final.10 Desainer Muda Indonesia berbakat akan bersaing  memenangkan perjalanan gratis ke Jepang dan kesempatan untuk menampilkan desain busana mereka di Sakura Collection Japan

“ Peserta SAKURA COLLECTION ASIA STUDENTS AWARDS, tahun ini sangat luar biasa peminatnya dari tahun sebelumnya,pesertanya meningkat,” jelas Megumi.Kontes desain busana yang terbuka untuk seluruh siswa non-Jepang dan desainer amatir di Asia.Mereka diberi kebebasan mendesain busana,namun tidak meninggalkan khas Jepang.

Kontes ini merupakan rangkaian dari SAKURA COLLECTION yang telah diadakan selama 7 tahun berturut-turut di Jepang. Kali ini adalah tahun keempat SAKURA COLLECTION digelar di Indonesia dan telah melalui seleksi awal untuk menentukan 10 finalis terbaik. Selanjutnya, 10 finalis akan bersaing di GRAND PRIX FINAL SAKURA COLLECTION ASIA STUDENTS AWARDS di Indonesia 2018-2019 yang akan diselenggarakan pada hari pertama Bali Sakura Matsuri 2 Februari 2019 bertempat di Park 23 Mall, Bali.

Dengan misi utama untuk mengembangkan kreativitas siswa dan desainer muda dalam merancang busana bertemakan JEPANG, kontes ini semakin berkembang setiap tahunnya. Pada tahun ini Sakura Collection kembali mengadakan kontes yang sama di Malaysia, Vietnam, dan Thailand! Semua pemenang Grand Prix akan memperoleh hadiah berupa perjalanan gratis ke Jepang serta kesempatan untuk menampilkan desain busana mereka di Sakura Collection Japan di Osaka City Central Public Hall, Osaka pada 8 Maret 2019. Selain itu, para pemenang mendapatkan paket perjalanan wisata di sekitar prefektur Jepang bersama dengan model profesional Indonesia dan Asia lainnya.

 

Berdasarkan 702 sketsa yang telah diterima dari 234 orang peserta dari berbagai sekolah fashion di Indonesia, telah terpilih 30 sketsa terbaik dari 10 besar finalis terpilih. 30 sketsa tersebut akan dibuat busana dan ditampilkan pada Grand Prix Final. Para pendukung memiliki kesempatan untuk melihat dan memilih desain favorit milik para finalis melalui website resmi Sakura Collection, sakuracollection.com, mulai tanggal 26 Januari hingga Februari 2018.

Pada Grand Prix Final, desain busana dari 10 finalis,ditampilkan di atas pentas. Sakura Collection Asia Students Awards di Indonesia diselenggarakan oleh Api Magazine dan didukung oleh Sakura Collection Japan, Adventure Japan, Indonesian Fashion Chamber, dan Ditali.

 

Sedangkan, Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP) untuk pertama kalinya diselenggrakan diBali

Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP), sebuah kompetisi  untuk memilih perwakilan Indonesia ke ajang kompetisi tingkat dunia, World Cosplay Summit di Nagoya, Jepang, dilaksanakan  Official Committee World Cosplay Summit (WCS) Indonesia,di Jakarta sebagai sarana promosi kreativitas, inspirasi mengenai cosplay di dunia dan visi World Cosplay Summit ke seluruh Indonesia.

Mengingat hal tersebut, Official Committee WCS Indonesia, membuka kerjasama event atau panitia luar Jakarta untuk mengadakan penyisihan regional. Tahun 2019 ini untuk pertama kalinya diadakan di Bali pada hari kedua Bali Sakura Matsuri 2019, 3 Februari 2019 yang diselenggarakan oleh Api Magazine sebagai perwakilan ICGP di Bali.

 

CLAS:H adalah ajang memperkenalkan budaya pop dan budaya geek Jepang telah memulai kegiatan tahun 2011. Hingga tahun lalu, CLAS:H telah berkeliling di 5 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Jogja, dan Bandung. Kegiatan antara lain  kompetisi cosplay nasional, parade cosplay tunggal, kompetisi karaoke, dan lain-lain. Tahun ini untuk pertama kalinya CLAS:H Single Cosplay akan berkolaborasi dengan BALI SAKURA MATSURI 2019. Ayo bergabung dan bersama-sama menikmati acara cosplay.  ( Nn)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *