Pemkab Gianyar Resmikan Poli untuk Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara

KataBali.com – Pemkab Gianyar mendirikan Poli Pelayanan Kesehatan Perempuan Aman yang dibuka Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, Jumat (21/12). Adapun poli tersebut didirikan sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan ASN, khususnya deteksi dini kanker serviks dan payudara.

Poli pelayanan yang terletak di pojok barat Kantor Bupati Gianyar itu, diharapkan mampu  memberikan dampak positif  dalam upaya penanggulangan kanker serviks dan payudara di Kabupaten Gianyar.

“Pemkab Gianyar memang memberikan perhatian khusus terhadap peningkatan kesehatan, utamanya   agar terhindar  dari penyakit kanker serviks dan payudara,” kata Bupati Mahayastra, saat memberikan sambutan.

Guna memaksimalkan keberadaan poli ini, Bupati Mahayastra  memerintahkan pimpinan OPD yang hadir, agar mengimbau seluruh ASN, khususnya  perempuan agar memeriksakan  kesehatan secara dini dan berkelanjutan di Poli Pelayanan Kesehatan Perempuan sehingga penyebaran penyakit kanker serviks dan payudara tidak meluas.

Gedung Poli Pelayanan ini juga dilengkapi ruang konsultasi ibu. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Cahyani Widyawati, ruang konsultasi ini  bertujuan  meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kemauan para ibu-ibu untuk berprilaku hidup sehat dan bersih.

“Penyebab kanker berawal dari prilaku hidup tidak bersih dan malu untuk melakukan deteksi dini, sehingga diperlukan ruang untuk memberikan pemahamam dan kesadaran pentingnya hidup bersih dan sehat,’ terang Ida Ayu Cahyani.

Sebelumnya Pemkab Gianyar juga telah melakukan upaya pencegahan kanker  serviks dan payudara dengan pemberian vaksin HPV bagi anak  sekolah tingkat SMP sejak tahun 2015, pengadaan alat Criyo Surgery, mengkampanyekan dan melaksanakan IVA Test, Sadanis serta penyuluhan.

“Hasilnya sudah mulai terlihat dimana terjadi penurunan kasus dari beberapa sampel yang kami ambil pada 7 kecamatan pada Nopember 2018,” papar Ida Ayu Cahyani.

Terkait pelayanan, menurut Ida Ayu Cahyani, Poli Pelayanan Perempuan Aman akan buka setiap hari Selasa dan Kamis. Untuk itu diharapkan para pegawai di lingkungan Pemkab Gianyar untuk datang memeriksakan diri. Untuk masyarakat umum, Pemkab Gianyar juga telah menyediakan pelayanan di Puskesmas Pembantu dan rumah sakit. jcbs

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *