Kemenpar Gelar Wisata Belanja dan Kuliner Berbasis UMKM

KataBali.com – Sektor kerajinan dan beragam kuliner Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) berkontribusi besar dalam mendatangkan wisatawan ke Pulau Bali.

Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar RI Vita Datau mengatakan, kunci utama dalam mempromosikan wisata kuliner dan belanja adalah melalui festival. Dalam festival itu, didalamnya terdapat atraksi yang menyuguhkan nilai otentisitas kuliner Indonesia dan produk-produk Indonesia yang terkurasi.

Ajang Wonderful lndonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) 2018 bukan saja menjadi sebuah destinasi wisata kuliner dan belanja selama festival berlangsung, melainkan mendorong konsumen belanja produk lokal yang sarat akan identitas kearifan lokal.kemenpar beachwalk kuta

Kata dia, WISCF bukan saja menjadi sebuah destinasi wisata kuliner dan belanja selama festival berlangsung, melainkan mendorong konsumen belanja produk lokal yang sarat akan identitas kearifan lokal.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja lndonesia (APPBI) Stepanus Ridwan mengatakan dalam ajang ini ada pameran berbagai produk kuliner dan kerajinan lokal dengan harga lebih murah sehingga wisatawan dapat belanja lebih banyak.

“UMKM sangat terbuka masuk mall. Tiap mall ada 4 kali pameran UMKM dan terbukti hasilnya bagus,” tutur Ridwan.

kemenpar beachwalk 2

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja lndonesia (APPBI) secara resmi menggelar ajang Wonderful lndonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) 2018 untuk ketiga kalinya bertempat Beach Walk Shopping Center, Kuta, Kamis malam (27/9/2018).

Sejumlah penampilan kesenian dan pameran kuliner serta produk kerajinan lokal yang tergabung dalam UMKM di Bali, turut memeriahkan kegiatan yang berlangsung sebulan penuh dari 27 September – 27 Oktober 2018 mendatang.

“Pada acara yang digelar selama satu bulan penuh itu, masyarakat Indonesia dapat menikmati aneka ragam kuliner khas daerah sekaligus berbelanja barang keperluan gaya hidup dengan berbagai tawaran diskon spektakuler,” ujar Deputi Pemasaran Pariwisata Hesty Reko Hastuti dari Kemenpar.

Kemenpar menyambut baik kehadiran acara WlCSF di tahun 2018 ini dan diharapkan menjadi agenda tahunan yang masuk dalam 100 Calendar of Event Kemenpar RI 2018 yang berdampak menggairahkan sektor pariwisata yang sedang bertumbuh.

Acara tahunan WICSF 2018 merupakan sebuah ajang menarik yang dipetakan secara strategis guna mendorong perekonomian, menaikkan angka transaksi kuliner belanja yang memberikan kontribusi kepada sektor pariwisata, yang terpenting juga mendatangkan wisatawan mancanegara dari negara tetangga terdekat.

Sementara itu, artis Grace Indri yang menjadi duta Kemenpar menyatakan banyak kuliner nusantara termasuk khas Bali yang digandrunginya. Dia tak segan mencicipi kuliner kelas pinggir jalan sekalipun karena ingin merasakan khazanah kekayaan kuliner warisan leluhur. (jckn)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *