Wabup Sanjaya Hadiri Upacara Dewa Yadnya di Pura Lan Desa Banjar Anyar

 
KataBali.com  – Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menghadiri Persembahyangan di Pura Lan desa Banjar Anyar,Kediri, Senin (4//12). Hadir dalam acara tersebut Ketua DPR Provinsi Bapak Adi Wiryatama, Anggota DPR Pusat I Made Urip, OPD Kabupaten Tabanan, Anggota DPRD Kabupaten Tabanan dan Unsur Muspika. Dalam Sambutannya Wabup Sanjaya memberikan apresiasi dan bangga, apalagi saat sembahyang bersama turun hujan meskipun saat itu terang benderang.
 
“ Hujan Bunga” merupakan suatu berkah karya sudah berjalan dengan baik skala niskala. Saya atas nama pemerintah Kabupaten Tabanan memberikan apresiasi atas acara dewa yadnya yang dilakukan. Apalagi prosesi yang dilakukan sangatlah Panjang dan susah. Ini semua untuk keajegan Pura ini. Seperti yang kita tahu Puseh ini sangat agung sekali,” ujar Wabup Sanjaya.
 
Dalam sambutannya, Wabup Sanjaya juga mengingatkan kembali saat Bupati Eka “Ngayah” di Pura Lan desa waktu lalu itu menonjolkan bahwa sebagi pemimpin harus saling membantu tanpa perlu ada nya jabatan.
 
Dikatakannya, pembangunan ini merupakan salah satu nya cara untuk menjaga adat dan budaya umat hindu. Dengan ini masyarakat diajak untuk ingat kepada Budaya leluhur. Pihaknya juga berharap agar masyarakat melestarikan tempat ini.
 
“ Harapan Pemerintah kabupaten Tabanan untuk tetap melestarikan tempat ini, jangan sampai kita sudah banyak mengeluarkan biaya tetapi tidak bisa untuk menjaga Pura ini sampai kakek nenek mendatang untuk anak cucu kita,” ungkapnya.
 
Dirinya menambahkan meskipun ada beban dalam karya yang dilakukan tapi dengan kebersamaan dan saling bersatu maka pasti akan ditemukan solusinya.
 
“Setiap Karya pastilah ada beban, bebannya pasti tentang anggaran kurang. Titiang berharap mudah-mudahan sama-sama kita pikirkan solusinya. Kalau mentok tolong ingatkan tiang, tiang pasti nyarengin”, imbuhnya.
 
Sebelumnya Ketua Panitia Karya Made Raka selaku Bendesa Desa Pekraman Banjar anyar – Kediri mengatakan Pura Puseh ini terdiri dari 782 kk yang terbagi di 4 banjar yang ada di kecamatan Kediri.
 
“Banjar Pemenang 168 kk, Banjar Dajan Tenten 154 kk, Banjar Anyar 332 kk, Banjar Setia Laksana 54 kk dari Banjar Taman suka duka banjar berjumlah 74 kk yang induk banjar nya mengikuti banjar Anyar,” ungkapnya.
 
Pihaknya menjelaskan Puncak Odalan di Pura ini jatuh pada Budha Kliwon Pung tanggal 6 Desember 2017 mendatang.
 
“Puncak odalan jatuh pada Rabu besok, dan 3 hari sesudahnya ada pementasan Calonarang di Pura yaitu tgl 9 desember yang dinamakan “Ida Betara Tedun Nampak Pertiwi,” katanya.   
 
Dijelaskan juga bahwa sebelum menapaki Karya ini, warganya sudah melakukan pembangunan secara bertahap dari bulan April 2014. Hingga sampai rampung seperti saat ini, dijelaskan menghabiskan dana untuk bangunan fisik sebesar Rp. 3 Miliar. Untuk Upakara menghabiskan dana sebesar Rp. 1,5 Miliar.
 
“Sumber dana niki, adalah kraman tiang. Dari urunan Rp. 2,5 Juta sane tahap pertama Rp. 1 Juta untuk pembangunan, dan Rp. 1,5 juta untuk Upakara tahap kedua. Kewentenan kirang langkung 750 Kepala Keluarga dari empat Banjar Pengempon Pura niki”, jelas pihaknya.
 
Pihaknya juga menegaskan sumber dana juga berasal dari Punia (sumbangan) masyarakat luar dan Desa Tetangga.
 
Dirinya berharap Agar Karya Tawur Agung ini berjalan dengan sesuai rencana dan lancar. Dan terimakasih yang sebesar-besarnya diberikan pihaknya karena telah mensuport Karya yang telah dilaksanakan oleh pihaknya. hmmtb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *