Gunung Agung-Bali Semburkan Asap Putih Setinggi 1.500 Meter

KataBali.com – Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali menghembuskan asap setinggi 1.500 meter pada Sabtu (7/10/2017) malam sekitar pukul 20.30 Wita.

Munculnya asap ini bahkan terlihat dari pos pantau yang terletak di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Karangasem. Letak pos pantau sendiri berada pada jarak 12 km dari puncak Gunung Agung.

Sejak pagi hingga malam Gunung Agung memang tertutup kabut dan diguyur hujan lebat. Tapi pada malam hari pemandangan cukup jelas dengan cahaya rembulan di atasnya. Sehingga semburan asap bisa terlihat dengan jelas.

Kemunculan asap ini menarik perhatian petugas pemantau dan warga setempat.

“Setelah diamati asapnya masih putih dengan ketingian kira-kira 1.500 meter dari puncak,” kata kepala PVMBG Kasbani.

Namun, asap ini terlihat lebih tinggi dibandingkan pengamatan sebelumnya. Sebab pada pengamatan sebelumnya hanya mencapai ketinggian maksimal 50 – 100 meter dari puncak gunung. Keluarnya asap juga terjadi terus menerus.

Walau demikian, belum terlihat munculnya abu vulkanik. Sehingga gunung Agung belum erupsi. “Masih asap putih, belum ada abu jadi gunung Agung belum erupsi atau belum meletus,” kata Kasbani.

Sementara itu kondisi kegempaan menunjukan aktifitas vulkanik masih tinggi. Berdasarkan perhitungan kegempaan pada Sabtu (7/10/2017) pukul 00.00 – 18 Wita telah terjadi  426 kali vulkanik dalam, 237 kali vulkanik dangkal dan 41 kali tentonik lokal.‎(kbb)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *