Kedepankan Program Pro Rakyat, Bupati Eka Turut Panen Padi di Subak Caguh, Jegu, Penebel

 
KataBali.com – Perlihatkan komitmen Pemerintah Kabupaten Tabanan yang mengedepankan program Pro Rakyat, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti turut serta dalam panen padi di Subak Caguh Desa Jegu, Penebel, Tabanan,  Rabu lalu (28/9).
 
Keikut sertaan Bupati Eka juga sebagai  bentuk wujud nyata keberpihakan Pemerintah Kabupaten Tabanan di bawah kepemimpinannya sangat berkomitmen terhadap program Pemerintah Nasional yaitu mewujudkan swasembada Pangan. Disamping itu pula merupakan bentuk penyemangat, berawal dari Jegu hingga bisa menular ke Desa-Desa lain yang ada di Tabanan Di Dalam mempertahankan Predikat Kabupaten Tabanan sebagai Lumbung Berasnya Bali.
 
Dalam Panen tersebut, Dirinya menggandeng TNI, yang dalam hal itu Dandim 1619 Tabanan dibawah pimpinan Herwin Gunawan ditugaskan sebagai tim pengawasan, juga mengajak masyarakat dan subak setempat cermin kesolidan dan selalu kedepankan semangat gotong-royong antara Pemerintah Kabupaten Tabanan dengan rakyat.
 
Turut Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Pengadilan Tabanan, Wakil Ketua DPRD Tabanan Ni Nengah Sri Labantari, Anggota DPRD Tabanan I Wayan Tamba, Sekkab Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Camat Penebel dan Perbekel setempat.
 
Saat itu Bupati Eka juga mengatakan, dengan adanya panen ini sangat memperlihatkan komitmen masyarakat Desa Jegu khususnya masyarakat Subak Caguh sangat mendukung program Pemerintah.” Dengan adanya komitmen tersebut, mempermudah kita melakukan kerjasama dan bergotong royong dengan melibatkan TNI, melibatkan rakyat, masyarakat dan subak yang ada. Untuk mengedepankan kemajuan pertanian dan menghasilkan produk pertanian yang berkualitas sesuai dengan apa yang kita harapkan”, pungkasnya.
 
Dirinya juga menegaskan, Tabanan merupakan Lumbung Berasnya Bali, jangan sampai tidak memperhatikan pertanian dan gagal di bidang pertanian. “Kita harus betul-betul solid, kuat di dalam, dan bersatu seperti saat ini.  Bukan hanya di Jegu namun kita harapkan di Desa-Desa lainnya kita harus bersatu demi mempertahankan predikat Tabanan sebagai Lumbung Berasnya Bali”, Ucap Eka.
 
Dirinya juga menambahkan, dengan peran sertanya di dalam panen Ini, juga merupakan salah satu tujuannya, dimana kita sangat pro petani, kita ingin memberdayakan  dan lebih meningkatkan produksi lokal kita khususnya di bidang pertanian, seperti yang sudah kita lakukan sekarang, tegasnya.
 
Sambungya, Program pertanian akan selalu menjadi sekala prioritas di Tabanan. Buktinya, dikatakannya, Tabanan sudah ada BUMDes yang akan membeli hasil pertanian. Juga ada program beras sehat, dan di Kecamatan Pupuan juga kita mempunyai tempat teknologi pertanian. Yang bertujuan bisa melatih petani kita supaya tidak ketinggalan di dalam pengetahuan mereka tentang pertanian. Sehingga petani petani di Tabanan bisa menjadi petani yang tangguh dan modern serta selalu bisa memiliki masa depan yang baik kedepannya, jelas Eka.
 
Dirinya berjanji akan selalu menjaga dan sangat memperhatikan sektor pertanian di Tabanan. Karena yang namanya bidang pertanian kita tidak bisa hanya menyiapkan bibit yang unggul, tetapi berhasil dan tidaknya pertanian sangat ditentukan oleh faktor. “Oleh sebab itu, marilah kita bersama-sama menjaga  kearifan alam dan kelestarian alam disekitar kita. Karena alam yang rusak tidak akan berguna bagi pertanian, pertanian tanpa air tidak akan menghasilkan hasil pertanian.”, imbuhnya.
 
Bupati Eka juga mengajak seluruh masyarakat agar selalu bersyukur terhadap apa yang diberikan oleh alam kepada kita. Jangan sesekali berusaha untuk merusak alam ataupun mencemari alam, yang khususnya sumber air. “Semoga panen ini bisa memberikan kesejahteraan terhadap masyarakat Desa Jegu, khususnya masyarakat Subak Caguh. Terus jalin komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah kedepannya. Sehingga Visi Misi Kabupaten Tabanan untuk mewujudkan masyarakat Tabanan yang Sejahtera, Aman dan Berprestasi terwujud dengan cepat”, tutup Eka.
 
Sebelumnya Pekaseh Subak Caguh menegaskan bahwa luas keseluruhan lahan yang ditanami Padi Varietas Cigelis ini adalah 40 are dari 48 Hektare luas keseluruhan lahan yang dikelola subak caguh.
 
Pada kesempatan itu, dia juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Bupati Eka, karena didalam padatnya jadwal kunjungan dan Pekerjaan di Pemerintahan, Beliau masih menyempatkan diri untuk ikut serta dalam kesempatan panen ini. “Semoga kehadiran Ibu Bupati dapat memotivasi warga kami, sehingga program karya terpadu yang kami laksanakan ini bisa berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal. Dan terpenting, bisa membantu masyarakat kami menjadi lebih sejahtera, dan semoga hasil dari panen ini bisa dinikmati masyarakat luas,” harapnya. EP
 

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *