Hari LH Sedunia 2016 Pemkot Denpasar Launching Bahan Bakar Biodessel “Lengis Hijau”

KataBali.com – Dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2016 yang jatuh pada tanggal 5 Juni lalu dan hari Keanekaragaman Hayati pada tanggal 22 Mei lalu, serta hari Anak Nasional, Pemerintah Kota Denpasar melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Denpasar memperingatinya dengan melaunching bahan bakar biodessel ramah lingkungan yang di beri nama “Lengis Hijau” yang di tujukan untuk kendaraan bermesin diesel, Jumat lalu  (29/7) di Subak Sembung Kelurahan Peguyangan.

Dimana bahan bakar ramah lingkungan ini di launching langsung oleh Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara di dampingi Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Denpasar A.A. Bagus Sudharsana yang di tandai dengan pengisian bahan bakar “lengis hijau” ke dalam tangki kendaraan. Selain itu, kegiatan dalam Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia juga dilaksanakan dengan pembukaan lomba lingkungan dan penanaman pohon perindang di sekitar areal Subak Sembung oleh Wakil Walikota.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini mengangkat issu memerangi perdagangan ilegal satwa liar, dimana perdagangan ilegal satwa liar telah menjadi pengikis kenanekaragaman hayati di Bumi dan mengancam kelangsungan hidup berbagai spesies yang mengagumkan seperti badak, harimau dan gajah, yang sekarang  ini menjadi hewan langka yang terancam punah.

Untuk itu Pemerintah Kota Denpasar mengajak semua komponen masyarakat untuk tanpa kompromi dalam memerangi perdagangan ilegal satwa liar, demikian disampaikan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Denpasar A.A. Bagus Sudharsana saat membacakan laporannya.

Dan di Denpasar sendiri khususnya Pemkot Denpasar memperingatinya dengan mengadakan lomba peduli lingkungan yang melibatkan siswa SD, SMP dan SMA/SMK di Denpasar, serta sosialisasi energi baru yakni pengolahan minyak jelantah menjadi biodessel yang ramah lingkungan dengan nama “Lengis Hijau”, dan penyerahan bantuan CSR dari beberapa perusahaan kepada kelompok masyarakat.

Lebih lanjut Sudharsana mengatakan, selain itu sebelumnya BLH Kota Denpasar sudah mengadakan gerakan bhakti penghijauan pemuda di pesisir pantai Tangtu Desa Kesiman Kertalangu dengan menanam 1500 pohon perindang, dan dilanjutkan dengan mengadakan penanaman pohon perindang di beberapa lokasi di Kota Denpasar.

Kemudian dilanjutkan dengan pencanangan kawasan emisi bersih di tiga lokasi serta uji emisi kendaraan bermotor setiap hari jumat di sebelah timur Gedung Sewaka Dharma Lumintang selama dua bulan dan pengukukan pengelola ekowisata Subak Kerdung Kelurahan Pedungan.

”Saya harapkan sinergitas antara Pemerintah, CSR dan masyarakat dapat terus berkesinambungan dan dapat ditingkatkan lagi di tahun mendatang,” ujarnya(Jcjd)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *