Kirim 50 Seniman, Denpasar Tampilkan Ngerupuk Ogoh-ogoh di TMII

KataBali.com – Sedikitnya 50 orang seniman di Denpasar bakal meramaikan pawai budaya di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada tanggal 20 April 2016 dengan menampilkan “ngerupuk ogoh-ogoh”.

I Komang Asista seorang seniman di Bali menuturkan, pawai budaya Duta Kota Denpasar akan menampilkan kesenian dengan judul “Ngerupuk Ogah-Ogoh”.

Pada penampilan ini, mengangkat peristiwa ogah-ogoh menjadi menarik karena sarat dengan suasana kebersamaan.

Juga pesan, keceriaan dan ke gotong royongan yang melibatkan anak-anak, remaja maupun para tetua-tetua desa.

“Dari peristwa budaya ini tercermin adanya solidaritas dan toleransi di antara umat sedharma sekaligus membangun dan kerukunan antar umat beragama,” ujarnya usai diterima Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di Kediamannya Denpasar, Selasa (29/32016).

Menjelang kegiatan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke 38 tahun 2016, Dinas Kebudayaan Kota Denpasar berkerjasama segenap seniman akan menampilkan sebanyak 24 Sekaa Duta kesenian.

Dalam kesempatan sama, Plt. Kadis Kebudayaan Kota Denpasar Ni Nyoman Sujati menjelaskan, Lebih lanjut di jelaskan, pembinaan para duta Kota Denpasar sudah di mulai pada hari ini di kantor Dinas Kebudayaan Kota Denpasar dengan tiga materi pembinaan.

Kata dia, pembinaan parade kesenian jogeg bumbung, lomba kesenian gender wayang dan parade kesenian Ramayana.

“PKB tahun 2016 ini mengambil tema ‘Karang Awak’ yang berarti mencintai tanah kelahiran,” ujarnya.

Dalam pembukaan PKB Provinsi Bali nanti pada tanggal 11 Juni sampai 9 Juli 2016, Gong Kebyar Dewasa Kota Denpasar akan menampilkan cerita sendratari Ramayana yakni Anggada Duta.

Walikota Rai Mantra, menyatakan, semua persiapan menjelang Pesta Kesenian Bali 2016 dan persiapan dalam mengikuti Pawai Budaya di TMII di Jakarta.

“Saya harapkan untuk para seniman  untuk mengeluarkan ide-ide kreatifnya dengan inovasi baru, jika perlu di adakan sayembara atau perlombaan untuk para seniman, agar lebih termotivasi untuk mengeluarkan semua ide-ide kreatif mereka”, kata Rai Mantra. (faz)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *